Perkuat Fungsi PIPP, BPJS Kesehatan Jambi Giatkan Evaluasi

Ketentuan terbaru yang diterapkan BPJS Kesehatan dan disepakati oleh fasilitas kesehatan, yakni akses pelayanan di fasilitas kesehatan dengan mudah

Editor: Rahimin
istimewa
BPJS Kesehatan Cabang Jambi mengundang seluruh petugas informasi dan penanganan pengaduan rumah sakit di Kota Jambi untuk monitoring dan evaluasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Untuk mengoptimalkan peran petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan Peserta (PIPP) di rumah sakit, BPJS Kesehatan Cabang Jambi mengundang seluruh petugas informasi dan penanganan pengaduan rumah sakit di Kota Jambi untuk monitoring dan evaluasi terkait dengan pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta JKN-KIS, Selasa (26/4/2022).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kantor Cabang Jambi M Adithia Hangga Rimartha menjelaskan, petugas PIPP memiliki peran penting dalam memberikan informasi serta menangani keluhan peserta JKN-KIS.

“Petugas PIPP di rumah sakit memiliki peranan penting dalam memaksimalkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Kemudahan peserta JKN-KIS dalam menyampaikan keluhan maupun meminta akses informasi pasti akan mempengaruhi kepuasan peserta dalam penyelenggaraan program JKN-KIS. Untuk itu, menjadi penting pula bagi petugas PIPP di rumah sakit untuk segera menyelesaikan keluhan dan memaksimalkan pemberian informasi," jelas Hangga.

Hangga turut mengemukakan ketentuan terbaru yang diterapkan BPJS Kesehatan dan disepakati oleh fasilitas kesehatan, yakni akses pelayanan di fasilitas kesehatan dengan mudah hanya dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) saja.

Dengan begitu, peserta cukup membawa KTP saja untuk mendaatkan pelayanan kesehatan.

"Dengan adanya kemudahan penggunaan NIK dalam pemanfaatan layanan kesehatan, kami harapkan teman-teman di fasilitas kesehatan tidak lagi mewajibkan peserta untuk membawa fisik kartu kepesertaan JKN-KIS, bukti kepesertaan pun dapat ditunjukan melalui KIS digital yang disediakan melalui aplikasi Mobile JKN, tindakan ini juga diharapkan dapat mempermudah proses administrasi peserta," katanya.

Inovasi lainnya yang diciptakan oleh BPJS Kesehatan yang dimanfaatkan pada layanan kesehatan adalah pelaksanaan antrean online.

Di mana, untuk mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan masyarakat dapat melakukan proses pendaftaran layan di fasilitas kesehatan secara daring melalui aplikasi Mobile JKN.

“Untuk rumah sakit di wilayah kerja BPJS Kesehatan sudah 15 rumah sakit yang terintegrasi antrean online, namun untuk jumlah pemanfaatan layanan tersebut masih sangat minim. Hal ini dimaklumi karena sebelumnya tentu rumah sakit telah memiliki sistem antrean sendiri, namun kedepan diharapkan capaian pemanfaatan antrean online akan semakin meningkat,” ujar Hangga.

Sementara itu, Perwakilan Rumah Sakit Pertamina Bina Media Baiturahim dr Siska Wilmadona menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan.

Menurutnya, kegiatan tersebut memberikan banyak informasi baru terkait dengan ketentuan yang mengenai pelayanan kesehatan peserta JKN-KIS.

“Sebagian besar ketentuan tersebut sudah berjalan di RS kami, seperti penggunaan NIK sebagai bukti kepesertaan Program JKN-KIS namun adakalanya NIK yang tertera pada KTP peserta berbeda dengan NIK yang tertera didalam identitas kepesertaan Program JKN-KIS miliknya, sehingga koordinasi melalui grup PIPP tetap dilakukan. Dan untuk antrean online, walaupun di RS Baiturahim sudah terimplementasi kami bersama pihak manajemen akan berusaha untuk meningkatkan jumlah pengguna antrean online,” ujarnya.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Warga Cempaka Putih Kota Jambi Sambut Hangat Mobile Customer Service BPJS Kesehatan

Baca juga: Penerimaan Bantuan Iuran BPJS Kesehatan Gratis di Tanjabtim Tengah Dilakukan Pendataan

Baca juga: Petugas BPJS Kesehatan Siap Layani Peserta JKN-KIS di Kantor BPN Kota Jambi

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved