36 Ternak Mati Akibat PMK, Pemkab Batanghari Usulkan Dapat Kompensasi Rp10 Juta

Disbunak Kabupaten Batanghari telah mengusulkan 36 hewan ternak yang mati karena PMK untuk dapat ganti rugi dari pemerintah pusat.

Penulis: A Musawira | Editor: Teguh Suprayitno
tribunjambi/musawira
Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Batanghari Tuanku Hafiq. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Batanghari telah mengusulkan 36 hewan ternak yang mati karena penyakit mulut dan kuku (PMK) ke pemerintah pusat untuk mendapatkan dana ganti rugi.

Pemkab Batanghari mengusulkan ganti rugi senilai Rp10 juta per ekor sapi dan kerbau yang tercatat melalui iSIKHNAS.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Kabupaten Batanghari, Tuanku Hafiq mengatakan angka kematian hewan ternak di Batanghari berjumlah 43 ternak, tetapi yang terdaftar di iSIKHNAS hanya 36 ekor.

Hal itu disebabkan, ada hewan peternak yang tidak tercatat akibat peternak yang terlambat melaporkan kepada petugas di lapangan. 

“Hewan ternak yang kita usulkan dapat kompensasi yaitu sapi dan kerbau, nanti peternak dapat ganti rugi Rp10 juta dan hewan ternak seperti kambing dan domba Rp1.5 juta,” katanya pada Minggu (4/9/2022).

Tuanku menyatakan telah menyiapkan semua bahan-bahan administrasi untuk diverifikasi, setelah itu pihaknya akan sosialiasi ke peternak dan melaporkan ke provinsi.

“Pemerintah pusat mengupayakan untuk tahap pertama, insyaAllah kalau ini berjalan lancar akan ada tahap kedua. Nanti akan dikirim ke rekening peternak masing-masing, jadi kita hanya mengusulkan dan menyiapkan semua dokumen,” pungkasnya.

Baca juga: Vaksinasi PMK Tahap Pertama di Batanghari Capai 3.560 Ekor Ternak

Baca juga: Perkembangan PMK di Sarolangun, Masih ada 59 Ekor Sapi dalam Perawatan

Baca juga: Sebanyak 4.350 Ekor Sapi di Tanjabtim Telah Divaksin PMK Tahap I dan II

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

 

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved