Berita Sarolangun

Perkembangan PMK di Sarolangun, Masih ada 59 Ekor Sapi dalam Perawatan

Dari total 225 ekor sapi terjangkit virus PMK di Kabupaten Sarolangun, saat ini Dinas Peternakan dan Perikanan mencatat masih menyisakan 59 ekor sapi

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Suci Rahayu PK
TRIBUNJAMBI.COM/MUSAWIRA
Ilustrasi Vaksinasi PMK Tahap Pertama 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Dari total 225 ekor sapi terjangkit virus PMK di Kabupaten Sarolangun, saat ini Dinas Peternakan dan Perikanan mencatat masih menyisakan 59 ekor sapi dalam perawatan.

Untuk hewan ternak yang masih belum terjangkit, pihaknya terus melakukan vaksinasi. Agar kekebalan tubuh terus terjaga dan terhindar dari serangan virus PMK ini.

"Sisa 59 ekor sapi yang masih dalam perawatan ini, terus kita pantau dan kita kasih obat terus oleh tim dokter hewan," kata Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskannak) Sarolangun Asnawi Jumat (2/9/2022)

Ketersediaan vaksin, lanjutnya untuk tahap awal Diskannak mendapatkan 2800 vaksin, kemudian tahap keduanya itu ada 200 vaksin. Totalnya sebanyak tiga ribu vaksin.

Baca juga: UNJA Tuan Rumah POMDA 2022

Baca juga: Dewan Sebut Proyek Ujung Jabung dari Skema ABPN Diambil Alih Kemenko Marves

"Sekarang ada lagi penerimaan vaksin dari pusat itu jumlahnya 5600 vaksin, yang sudah terpakai itu 400 vaksin," sebutnya

Kata dia, terkait kendala di lapangan, pada saat melakukan vaksinasi. Masih banyak ternak sapi atau kerbau yang akan divaksin tidak ada di kandang, sehingga petugas kesulitan ketika ingin melakukan vaksinasi.

"Jadi agak sulit untuk mengurung atau mengumpulkan ternak itu butuh waktu ternak itu pulang ke kandang itu pada waktu sore,"

Lanjutnya, hewan yang sakit tersebut tidak dilakukan karantina, hanya dipisahkan saja. Saat ini, ada 6 dokter hewan yang secara bergilir untuk melakukan pengecekan terhadap hewan yang terjangkit.

"Tidak dilakukan karantina, jadi ke enam dokter hewan ini bagi-bagi wilayah ketika ada laporan langsung turun ke lapangan, kadang sampai malam petugas baru selesai," tutupnya. (Tribunjambi.com/Abdullah Usman)


Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Livy Renata Bocorkan Dua Wanita Terrdekat Verrell Bramasta Saat Ini, Berinisial N Hingga L

Baca juga: Dewan Sebut Proyek Ujung Jabung dari Skema ABPN Diambil Alih Kemenko Marves

Baca juga: Bansos yang Cair September 2022, Ada BLT BBM hingga Prakerja

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved