Berita Tanjabbar

Tiga Orang Pengindap HIV di Kampus Terlambat Ditangani Dinkes Tanjabbar

Dinkes Tanjabbar gencar menggalakkan Program sosialisasi penyakit TBC (Tuberkulosis), HIV (human immunodeficiency virus) dan AIDS (Acquired Immune Def

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Suci Rahayu PK
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Sejak 2019 hingga 2022 Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menemukan 3 pengidap HIV di perguruan tinggi yang terlambat di tangani.

Dinkes Tanjabbar gencar menggalakkan Program sosialisasi penyakit TBC (Tuberkulosis), HIV (human immunodeficiency virus) dan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrom).

Termasuk juga masuk ke sekolah-sekah dan perguruan tinggi yang ada di Tanjabbar.

"Kita masuk ke sekolah-sekolah memberikan penyuluhan, tentunya yang telah berusia 15 tahun keatas, kemudian juga kita masuk ke perguruan tinggi," jelas Yundri Wasor TBC dan HIV Kab. Tanjung Jabung Barat, Kamis (1/9).

Hingga kini belum pernah ditemukan pengidap HIV di sekolah-sekolah sedangkan untuk di perguruan tinggi dari 2019 hingga 2022 telah ada pengidap.

"Dari 2019 hingga 2022 ini sudah di temukan 3 mahasiswa yang mengidap HIV, dan sudah meninggal karena telat di temukan," tambahnya.

Baca juga: Putri Candrawati Sakit, Brigadir Yosua Ajak Bharada E Bopong Istri Ferdy Sambo ke Kamar

Baca juga: Dinkes Tanjabbar Pantau Pasien HIV dengan Aplikasi SIHA

"Memang untuk HIV tidak ada gejala awal, bahkan jika tubuh sehat bisa 5 hingga 10 tahun tidak terdeteksi sedangkan dari 3 bulan awal sudah bisa menularkan ke orang lain," lanjutnya.

Yundri melanjutkan tidak ada gejala khusus dan harus dengan sukarela memeriksakan diri ke puskesmas. "Tenang saja, kalau kita bilang mau tes HIV kita akan di antar ke jalur khusus dan kerahasiaan sangat terjaga," ucapnya.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan terkait HIV bisa lagsung datang ke puskesmas terdekat atau bisa juga lagsung ke Dinas Kesehatan.

"Penularan HIV itu melalui dua hal darah dan hubungan seks, jadi saya meng-imbau kepada masyarakat khususnya usia-usia produkti, berprilaku hidup bersih, sehat dan setia kepada pasangan jangan takut tes," tutupnya. (Tribunjambi.com/Ade Setyawati)


Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Maulana Buka Pawai Taaruf MTQ di Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi

Baca juga: Komnas HAM Ingatkan Soal Keadilan Terkait Putri Candrawathi Tersangka Kasus Pembunuhan Tidak Ditahan

Baca juga: Dua Pencuri Uang Pengusaha di Muara Bungo Ternyata Residivis, Pernah Beraksi di Malaysia

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved