Berita Tanjab Timur

Kasus Demam Dengue dan DBD di Tanjabtim Meningkat Signifikan

Kasus DBD di tahun ini meningkat signifikan dibanding tahun lalu, faktor cuaca hingga intensitas hujan yang tinggi menjadi salah satu faktor penyebab

Penulis: Rifani Halim | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Rifani Halim
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit atau P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim Eko Purnomo 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Kasus DBD di tahun ini meningkat signifikan dibanding tahun lalu, faktor cuaca hingga intensitas hujan yang tinggi menjadi salah satu faktor penyebab naiknya kasus tersebut.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung timur mencatat kasus demam berdarah dengue atau DBD di daerah itu.

Pada tahun ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data sejak awal tahun/ sudah terdapat lebih dari 26 kasus di daerah itu.

Demam karena DBD
Demam karena DBD (ist)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit atau P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim Eko Purnomo mengatakan, dari total 26 kasus tersebut 23 diantaranya demam berdarah dengue dan 3 sisanya merupakan demam dengue.

"Kasus terbanyak berada di kecamatan rantau rasau sebanyak delapan kasus, angka kasus di tahun ini meningkat dibandingkan dengan Tahun 2021 ,yang hanya ada dua kasus, Sepanjang kurun waktu dua tahun terakhir tercatat nol kasus kematian," kata Eko, kamis (1/9/2022).

Dia menyebutkan, meningkatnya curah hujan juga memengaruhi peningkatan kasus DBD. Sebab, curah hujan yang meningkat menimbulkan banyak genangan air, yang berpotensi menjadi sadang berkembangbiaknya nyamuk.

Eko mengimbau kepada seluruh masyarakat di kabupaten Tanjung Jabung timur untuk selalu melakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk atau PSN.

"Jika di suatu wilayah terdampak kasus DBD, pihak dinas kesehatan setempat akan turun langsung melakukan penyemprotan fogging," tuturnya. (Tribunjambi.com/Rifani Halim)


Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Pembangunan Jalan Khusus Batubara di Jambi, Investor Targetkan 18 Bulan

Baca juga: Dua Perampok Pengusaha di Muara Bungo Jambi Ditembak Polisi, Gasak Uang Rp275 Juta dari Jok Motor

Baca juga: Waka DPRD Faizal Riza Temui Puluhan Mahasiswa PMII yang Berunjuk Rasa di DPRD Provinsi Jambi.

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved