Dinkes Sarolangun Ingatkan Seks Menyimpang Berpotensi Terjangkit HIV

Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sarolangun masih menjadi perhatian, Dinkes khawatirkan seksual menyimpang jadi pemicu kasus tersebut.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
kompas.com
Kampanye setop HIV. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sarolangun masih menjadi perhatian, Dinkes khawatirkan seksual menyimpang jadi pemicu kasus tersebut. 

Kepala Dinas Kesehatan Sarolangun, Irwan Miswar ketika dikonfirmasi tribunjambi.com, Rabu (31/8/2022) mengatakan, kasus HIV di Kabupaten Sarolangun masih ada. 

"Namun untuk jumlah pastinya saya belum lihat data, karena itu merupakan data berjalan. Yang jelas tahun lalu jumlahnya di bawah lima dan untuk tahun ini belum ada laporan kasus baru," jelasnya. 

Lanjutnya, untuk data terbaru tersebut biasanya pihaknya menerima laporan dari pihak Rumah Sakit. Setelah itu baru mendapat pendataan dan langsung diberikan obat rutin. 

Selain itu, tim dari dinas kesehatan langsung menurunkan tim survei lokasi suspek. Untuk mengecek pihak keluarga terdekat apakah juga terjangkit virus tersebut atau tidak. 

Karena HIV ini penularannya bukan melalui sentuhan, dan pernafasan tentu pasien tidak harus dikarantina atau diasingkan. Namun mereka tetap harus mendapatkan perawatan obat yang rutin. 

"Untuk itu kita mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari gonta ganti berhubungan badan, dan tetap menjalankan sex sesuai prosedur dan aturan, agar terhindar dari virus tersebut, " jelasnya.

Baca juga: Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Mencatat Ribuan Kasus HIV/AIDS dari 2010-2022

Baca juga: Balita Mengidap Penyakit Penyumbatan Empedu di Kerinci Butuh Uluran Tangan untuk Biaya Pengobatan

Baca juga: Anggaran Milliaran, Dinkes Minta Masyarakat Bantu Awasi Tiga Pembangunan Puskesmas di Sungai Penuh

Lanjutnya, yang menjadi perhatian dan harus diwaspadai saat ini kepribadian menyimpang atau sex menyimpang. Sebut saja hubungan sesama jenis yang marak terjadi saat ini, dan itu menjadi potensi besar penularan terjangkit virus HIV. (usn) 

Baca berita Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved