KETAWA Program JKN-KIS Hadirkan Beragam Informasi Bagi Masyarakat Jambi

Yang membedakan kegiatan KETAWA Program JKN-KIS ini adalah kehadiran seluruh unit kerja yang ada di Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Editor: Rahimin
istimewa
BPJS Kesehatan Cabang Jambi menggelar Kegiatan Tanya Jawab (KETAWA) Program JKN-KIS 

TRIBUNJAMBI.COM - Untuk mendekatkan relasi dengan masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Jambi menggelar Kegiatan Tanya Jawab (KETAWA) Program JKN-KIS, Kamis (10/3/2022).

Program yang rutin dilakukan setiap Selasa dan Kamis ini merupakan inovasi yang digagas oleh BPJS Kesehatan Cabang Jambi agar masyarakat dapat secara langsung menyampaikan pertanyaan serta masukan seputar JKN-KIS.

Mekanisme KETAWA dilaksanakan melalui metode non tatap muka, atau via daring.

Di mana, peserta diminta untuk melakukan registrasi sebelum dapat berpartisipasi pada laman zoom meeting dan mengajukan pertanyaan kepada Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan Peserta (PIPP).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jambi, M Adithia Hangga.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan layanan permintaan informasi peserta program JKN-KIS kepada BPJS Kesehatan Cabang Jambi selama masa pandemi, sehingga peserta tidak perlu lagi datang kekantor cabang untuk meminta informasi. Cukup berpartisipasi sesuai dengan jadwal yang tertera,” ujarnya.

Hangga menambahkan, walaupun BPJS Kesehatan telah menyediakan kanal kanal daring untuk permintaan informasi seputar JKN-KIS, yang membedakan kegiatan KETAWA Program JKN-KIS ini adalah kehadiran seluruh unit kerja yang ada di Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Bahkan ada pula narasumber dari fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, sehingga ketika permintaan informasi disampaikan oleh pesertadapat langsung dijawab oleh ahlinya.

“Mekanisme yang kami pakai adalah seperti live pada kanal Youtube, atau Instagram sehingga kami dapat interaksi langsungi,” jelas Hangga.

Jaya Pirgo (32), seorang peserta JKN-KIS yang turut hadir dalam sesi KETAWA Program JKN-KIS ini mengaku puas dengan inovasi yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jambi ini. 

Ia dapat merasakan banyak manfaat dari beragam informasi yang disampaikan oleh BPJS Kesehatan dengan membuka sesi live secara terbuka ini.

“Tidak banyak layanan publik yang dengan bebas membuka sesi diskusi secara terbuka seperti yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jambi, karena biasanya banyak dari mereka yang khawatir akan kehadiran atau partisipasi dari oknum yang dapat berpotensi menimbulkan kekacauan atau mengajukan kritik secara pedas. Untuk itu apresiasi saya kepada BPJS Kesehatan Cabang Jambi. Kegiatannya banyak mengandung nilai positif dan bermanfaat, semoga partisipasi masyarakat akan lebih banyak lagi sehingga kegiatan KETAWA Program JKN-KIS bisa terus ada dan masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan informasi,” ujar Pirgo.

Pirgo menambahkan, sebagai masyarakat umum yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), ia mengakui masih banyak ketentuan penjaminan pelayanan kesehatan dalam JKN-KIS ini yang ia lewatkan.

Untuk ia dengan senang untuk turut serta dalam KETAWA Program JKN-KIS ini.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Penambahan Syarat Kepesertaan JKN-KIS Bukan Suatu Beban

Baca juga: Penyelenggaraan JKN-KIS di Jambi Kian Mantap

Baca juga: 2021 Jumlah Peserta JKN-KIS di Jambi Melonjak

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved