PT Pertamina EP Jambi Field Jalani Program Pemberdayaan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Program pertama ialah Kampung Bersinar yang merupakan akronim dari Bersih dari Narkoba, program ini berada di Kelurahan Legok, Danau Sipin.

Editor: Rahimin
istimewa
Pertamina EP Jambi Field memberikan bantuan untuk kelompok hidroponik perusahaan membuat green house sebagai tempat penanaman sayuran dengan kapasitas 5.000 lubang. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - PT Pertamina EP Jambi Field telah menjalankan program pemberdayaan masyarakat.

Program yang telah dijalankan meliputi lingkup kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lingkungan sosial.

Dalam pelaksanaannya, Pertamina EP Jambi Field memulai dengan melakukan pemetaan sosial terlebih dahulu di beberapa wilayah untuk mengukur potensi dan melihat permasalahan yang ada.

Hasil pemetaan tersebutlah yang akhirnya menjadi acuan untuk membentuk beberapa program.

Program pertama ialah Kampung Bersinar yang merupakan akronim dari bersih dari narkoba, program ini berada di Kelurahan Legok, Danau Sipin, Kota Jambi.

Legok yang memiliki stigma negatif dan dicap sebagai “Kampung Narkoba”, memberikan dampak negatif bagi masyarakat setempat dan berpengaruh dengan kondisi ekonomi serta kesejahteraan masyarakatnya.

Tidak sedikit masyarakat yang dulunya ingin bekerja namun ditolak hanya karena punya KTP Legok. Hal ini tentunya menjadi PR besar bagi semua pihak.

Pertamina EP Jambi Field juga memiliki Gerai Energi dalam Program Kampung Edukasi.
Pertamina EP Jambi Field juga memiliki Gerai Energi dalam Program Kampung Edukasi. (istimewa)

Berdasarkan hasil pemetaan sosial yang dilakukan, Pertamina Hulu Rokan Jambi Field dengan program CSR-nya melakukan program pemberdayaan masyarakat dengan menginisiasi kelompok batik yang diberi nama Batik Serumpun Berlian dan melakukan pendampingan terhadap kelompok tersebut.

Sejak awal diinisiasi hingga 2022, kelompok ini telah berjalan kurang lebih 5 tahun, dan dalam pendampingannya telah banyak hal yang dilakukan oleh Pertamina Hulu Rokan Jambi Field untuk meningkatkan kemampuan kelompok dalam mengembangkan usaha batiknya.

PHR Jambi Field memberikan bantuan modal untuk tahap awal pengembangan kelompok dan memberikan pelatihan peningkatan kapasitas untuk anggota kelompok, terutama dalam hal membatik.

Kemudian, kelompok diberikan pelatihan peningkatan kapasitas lain selain membatik yang diantaranya adalah cara berbicara di depan umum, cara memasarkan produk, membuat produk turunan dan lain sebagainya.

Pada 2019, telah dibangun Rumah Batik di atas lahan hibah milik Pemerintah Kota Jambi.

Pada Juni 2022 Kelompok Batik Serumpun Berlian diundang untuk mengikuti Pameran Internasional Alger atau Foire Internationale D’alger
Pada Juni 2022 Kelompok Batik Serumpun Berlian diundang untuk mengikuti Pameran Internasional Alger atau Foire Internationale D’alger (Istimewa)

Hal ini bertujuan untuk dijadikan tempat produksi batik, galeri batik hingga nantinya menjadi tempat destinasi wisata masyarakat bagi yang ingin belajar membatik.

Kelompok telah memiliki banyak karya motif yang mengangkat tentang kondisi Legok itu sendiri, diantaranya adalah motif tangkul, motif stupa dan flora serta fauna.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved