BPS Kota Jambi Kembali Raih Pencapaian Nilai IKPA Tertinggi

IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan

Editor: Rahimin
BPS Kota Jambi Kembali Raih Pencapaian Nilai IKPA Tertinggi
Istimewa
Tujuan reformulasi IKPA adalah untuk mendukung belanja berkualitas dengan penguatan value for money

BPS Kota Jambi Kembali Raih Pencapaian Nilai IKPA Tertinggi

Penulis: Kelik Heri Purnomo, Kasubbag Umum BPS Kota Jambi

TRIBUNJAMBI.COM - IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga (K/L).

IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan yang terintegrasi pada Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN) yang dijadikan ukuran dan mencerminkan kinerja satuan kerja atas kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, serta kualitas hasil pelaksanaan anggaran satuan kerja.

IKPA pada tahun anggaran 2021 memiliki 13 indikator yang terfokus pada 4 aspek yaitu kesesuaian perencanaan dengan pelaksanaan anggaran, kepatuhan terhadap regulasi pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan efektifitas pelaksanaan anggaran.

Namun, Pada Tahun Anggaran 2022 ini, telah dilakukan evaluasi capaian IKPA untuk selanjutnya dilakukan perubahan paradigma penilaian kinerja pelaksanaan anggaran yang sebelumnya fokus pada peningkatan tata kelola pelaksanaan anggaran menjadi fokus pada peningkatan kualitas belanja yang didukung oleh akselerasi belanja dan capaian output agar mampu berkontribusi optimal dalam membentuk outcome perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini kemudian diwujudkan dalam bentuk Reformulasi IKPA 2022.

Reformulasi IKPA 2022 merupakan perubahan tata cara penilaian kinerja pelaksanaan anggaran melalui penajaman paradigma belanja berkualitas dengan tetap menjaga tata kelola pelaksanaan anggaran.

Tujuan reformulasi IKPA adalah untuk mendukung belanja berkualitas dengan penguatan value for money dalam penilaian kinerja pelaksanaan anggaran, mendorong akselerasi belanja dan pencapaian output belanja, dan Penetapan kewajaran perlakuan (fairness treatment) dalam penilaian kinerja pada Satker, Eselon I, dan K/L, khususnya berdasarkan alokasi anggaran dan karakteristik belanja.

Ahmad Fauzie SE ME selaku Kepala BPS Kota Jambi mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar berkomitmen melaksanakan setiap rencana strategis pelaksanaan anggaran tahun 2022 yang telah disusun.

Rencana seperti penyusunan rencana kegiatan, pemantauan pagu dan optimalisasi revisi, serta optimalisasi pelaksanaan anggaran harus diperhatikan. Komitmen ini, menurutnya tidak hanya diperhatikan oleh pimpinan saja. Akan tetapi juga oleh seluruh pegawai di lingkungan Badan Pusat Statistik Kota Jambi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved