Mengukur Konektivitas Internet di Provinsi Jambi

Pandemi Covid19 mempercepat penetrasi internet di Indonesia ketika kegiatan perkantoran dan pendidikan banyak dilakukan di rumah

Editor: Rahimin
istimewa
Konektivitas internet sekarang menjadi hal yang inklusif dibandingkan satu dekade yang lalu. 

Mengukur Konektivitas Internet di Provinsi Jambi

Oleh : Daru Atmojo S.ST, M.E

Statistisi Ahli Muda pada BPS Kabupaten Muaro Jambi

TRIBUNJAMBI.COM - Konektivitas intenet saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Konektivitas internet sekarang menjadi hal yang inklusif dibandingkan satu dekade yang lalu.

Pandemi Covid19 mempercepat penetrasi internet di Indonesia ketika kegiatan perkantoran dan pendidikan banyak dilakukan di rumah, serta masyarakat mengurangi mobilitas di luar rumah. Internet menjadi sarana bagi masyarakat untuk bekerja, berkomunikasi, mendapatkan hiburan, akses pembelajaran, perbankan, kesehatan, bertransaksi dan masih banyak lagi.

Perkembangan teknologi internet masih dan akan terus berkembang di luar yang kita bayangkan. Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah yang sangat luas dengan populasi yang tinggi dan tersebar.

Berdasarkan data statistik telekomuniasi Indonesia tahun 2020, sebanyak 53,73 persen penduduk berusia 5 tahun ke atas mengakses internet.

Sedangkan untuk di Provinsi Jambi sebesar 41,34 % penduduk berusia 5 tahun ke atas mengakses internet. Angka tesebut meningkat pesat menjadi 56,07 % pada 2021.

Pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar Rp 17 triliun rupiah untuk membangun sarana koneksi internet hingga ke pelosok desa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved