Pendaftaran Parpol Pemilu 2024 Berlangsung Sejak 1-14 Agustus

KPU telah membuka pendaftaran Partai politik (Parpol) untuk mengikuti kontestasi Pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang. 

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
KOMPAS.com/ MOH NADLIR
KPU RI. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran Partai politik (Parpol) untuk mengikuti kontestasi Pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang. 

Dimulai per tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022, Anggota KPU Kabupaten Sarolangun Rupi Udin menjelaskan bahwa proses pendaftaran hanya dilakukan di KPU pusat.

"Mulai dari pengisian Sipol, pemberkasan secara administrasi itu dilakukan di KPU RI bukan di Kabupaten," jelasnya. 

Menurutnya, KPU Kabupaten hanya menyediakan fasilitas konsultasi bagi para pengurus Parpol di Kabupaten untuk penggunaan Sipol.

Selain itu, dilanjutkan Rupi berdasarkan jadwal yang ditetapkan di PKPU, verifikasi Parpol akan dilakukan tanggal 2 Agustus sampai dengan 14 September 2022.

"Setelah proses pendaftaran di KPU RI selesai dan dinyatakan lengkap berkasnya maka KPU RI akan mengirim datanya ke KPU Kabupaten melalui Sipol," jelasnya.

Baca juga: AHY Jalan Kaki ke KPU Mendaftarkan Partai Demokrat Sebagai Bakal Calon Peserta Pemilu 2024

Lebih lanjut, KPU Kabupaten akan ditugaskan mengunduh berkas yang dikirim KPU RI untuk melakukan verifikasi Parpol secara administrasi di Kabupaten.

"Tapi sampai saat ini belum diberikan data untuk verifikasi administrasi itu," ujarnya.

Sementara itu, Rupi mengungkap per tanggal 2 Agustus 2022 lalu, jumlah Parpol yang mendaftar dan dinyatakan lengkap sebanyak enam Parpol. (usn)

Baca juga: KPU Tanjabtim Antisipasi Parpol Catut Nama Warga, Haris: Bisa Kita Bantu Cek

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved