Memotret Ketenagakerjaan di Kota Jambi

Pertumbuhan penduduk sebesar 1,31 % selama 10 tahun terakhir banyak dipengaruhi oleh faktor migrasi, yaitu perpindahan penduduk masuk ke Kota Jambi

Editor: Rahimin
Istimewa
Proses pendataan Survei Angkatan Kerja Nasional Agustus 2022, BPS Kota Jambi 

Memotret Ketenagakerjaan di Kota Jambi

Oleh : Erbiyati Cahyaningtyas, Statistik Ahli Muda pada Fungsi Statistik Sosial, BPS Kota Jambi

TRIBUNJAMBI.COM - Kota Jambi sebagai pusat ibukota Provinsi Jambi, memiliki potensi yang sangat strategis. Dengan wilayah yang tidak terlalu luas 205,38 km persegi dan penduduk 606.200 jiwa dari hasil Sensus Penduduk 2020 yang telah dilakukan Badan Pusat Statistik di September 2020 lalu.

Kota Jambi tampil bagai magnet bagi daerah lain di Provinsi Jambi. Pertumbuhan penduduk sebesar 1,31 persen selama 10 tahun terakhir banyak dipengaruhi oleh faktor migrasi, yaitu perpindahan penduduk masuk ke Kota Jambi.

Pembangunan sarana ekonomi di Kota Jambi juga semakin berkembang pesat. Hal ini berdampak pada penyerapan tenaga kerja di sektor-sektor jasa. Dari data Sakernas Agustus 2021 75,95 % penduduk bekerja yang bekerja di sektor jasa-jasa.

Sektor jasa-jasa ini antara lain meliputi perdagangan, akomodasi dan penyediaan makan minum, komunikasi, keuangan, administrasi pemerintahan, dan jasa-jasa lainnya. Sedangkan untuk sektor manufaktur sekitar 19,55

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved