Menuju Data Yang Berkualitas di Era Big Data

kini Badan Pusat Statistik telah diamanahkan sebagai “pemasok tunggal” data bagi pemerintah

Editor: Rahimin
Istimewa
Badan Pusat Statistik mulai melaksanakan Survei Angkatan Kerja Nasional 

Menuju Data Yang Berkualitas di Era Big Data

Oleh : Asro Al Murthawi

TRIBUNJAMBI.COM - Satu kunci untuk dapat memenangkan persaingan antar negara adalah dengan memiliki data yang strategis, akurat dan berkualitas. Data yang mampu menjawab tantangan zaman. Ada korelasi yang tegas antara kemampuan tumbuh suatu negara dengan ketersediaan data yang berkualitas.

Dalam hal ini, peran dan komitmen Badan Pusat Statistik (BPS) amat diperlukan untuk mendukung ketersediaan data yang dibutuhkan pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat. Lembaga yang mengusung visi “Penyedia Data Statistik Berkualitas Untuk Indonesia Maju” memiliki peran sangat strategis.

Jika dulu setiap kementerian atau lembaga dapat mempublikasikan data sektoral menurut versinya masing-masing, kini Badan Pusat Statistik telah diamanahkan sebagai “pemasok tunggal” data bagi pemerintah. 

Sebagai lembaga resmi pemerintah yang bertugas mengurusi bidang perstatistikan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, Badan Pusat Statistik harus mampu menyediakan data yang berkualitas dalam arti lengkap, akurat, tepat waktu, benar, dan relevan. 

Data yang berkualitas, bagi Badan Pusat Statistik adalah sebuah keniscayaan. Sebab misi Badan Pusat Statistik adalah menyediakan data statistik berkualitas yang berstandar nasional dan internasional, Membina K/L/D/I melalui Sistem Statistik Nasional yang berkesinambungan.

Mewujudkan pelayanan prima di bidang statistik untuk terwujudnya Sistem Statistik Nasional dan Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, adaptif berlandaskan nilai profesionalisme, integritas dan amanah.

Data yang berkualitas akan memenuhi semua dimensi kualitas statistik yang disebut Quality Assurance Framework (QAF). yang meliputi relevansi, akurasi, aktualitas, ketepatan waktu, aksesibilitas, koherensi, keterbandingan dan interpretabilitas. 

Dalam Setiap penyelenggaraannya selalu mengacu kepada konsep standar dan metode yang berlaku secara universal dan berstandar internasional. Sehingga data dan indikator yang dihasilkan memiliki keterbandingan di tingkat nasional juga internasional. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved