Harga Sawit Jambi

Harga Sawit di Batanghari Tinggi, Pabrik Batasi Pembelian TBS 500 Ton per Hari

Informasi harga sawit terbaru ini disampaikan Rahmadi Suqron Zazilah, Kepala Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang yang juga petani sawit.

Penulis: A Musawira | Editor: Rahimin
Tribunjambi/Musawira
Petani sawit di Kabupaten Batanghari. Harga Sawit di Batanghari Tinggi, Pabrik Batasi Pembelian TBS 500 Ton per Hari 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Perkembangan harga sawit di tingkat petani di Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi mencapai Rp1.300 per kilogram, Selasa (2/8/2022). 

Kenaikan harga sawit hari ini lebih tinggi dibandingakan sepekan sebelumnya yang hanya berkisar Rp 800 per kilogram.

Informasi harga sawit terbaru ini disampaikan Rahmadi Suqron Zazilah, Kepala Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang yang juga petani sawit.

Menurutnya, untuk pembelian ditingkat pabrik saat ini belum ada kenaikan masih bertengger dikisaran Rp1.300.

Namun, jika ditingkat petani berkisar angka Rp1.000. “Alhamdulillah cukup untuk membayar upah panen sama perawatan pupuk,” katanya.

Dikatakannya, dengan harga segitu sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi kos perawatan serba mahal.

“Perawatannya per 3 bulan, pakai pupuk NPK sama orea, harganya Rp 800 ribu. Kalau tidak dipupuk dan di urus pasti hasilnya tidak maksimal. Kemudian Kalau tidak dipanen malah tidak makan,” ujar kepala desa.

Keuntungan dari menjual sawit memang tak banyak untuk kondisi saat ini. Namun, ia tetap memutuskan untuk panen sawitnya dalam satu bulan dua kali.

“Tetap saya panen, tapi bisa sampai 3 Minggu baru panen. Saat harga anjlok di bawah Rp1.000 tidak saya panen. Sempat dihitung malah nombok, biaya lansir dan upah panen,” ucapnya.

Ia menjelaskan biaya melansir menggunakan mobil saat ini per ton Rp 200 ribu. Kalau harga Rp1.300 berarti satu ton Ro 1.300.000 sekali panen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved