KSAD ke Jambi

Begini Solusi Permanen Dalam Pencegahan Karhutla di Jambi dari TNI AD

Kehadiran Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman di Provinsi Jambi salah satunya dengan misi TNI AD hadir mewujudkan solu

Tribunjambi.com/Danang Noprianto
Danrem Brigjen TNI Supriono 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kehadiran Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman di Provinsi Jambi salah satunya dengan misi TNI AD hadir mewujudkan solusi permanen dalam pencegahan bencana karhutla.

Dalam agenda yang sudah dilakukan pagi tadi, Senin (18/7/2022) di VIP Room Bandara Sultan Thaha terkait paparan solusi permanen Karhutla, ada beberapa hal yang menjadi catatan.

Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI Supriono menjelaskan bahwa kita titik rawan dan kebakaran di wilayah Jambi umumnya di tempat-tempat yang tidak terawat, tidak terjangkau, bahkan tidak pernah di kelola.

Hal tersebut karena di tempat tersebut tidak ada penataan air, tidak ada penataan lahan, tidak ada aktivitas, tidak ada manusia dan tidak ada suatu aktivitas yang menumbukan lahan menjadi lahan yang hijau.

"Lahan-lahan terlantar seperti ini akan alamiah saja, itu akan menjadi daerah sumber kebakaran," ucapnya.

Dan untuk mencegah kebakaran maka diperlukan pengelolaan lahan seperti, penataan debit air, tata letaknya, ditamami tanaman agar menjadi lahan yang produktif dan jadi lahan hijau.

"Jika seperti itu maka tidak mungkin terjadi kebakaran lagi, orang kita di sana ada yang bekerja, yang kemudian juga air kita juga tercukupi karena tertata dan lahan-lahan itu ditumbuhi pohon-pohon hijau yang tidak gampang terbakar oleh alam," ungkapnya.

Hal tersebut tentu akan meminimalisir terjadinya kebakaran, jika tetap terbakar maka ada ada unsur kesengajaan manusia yang membakarnya.

"Ada satu poin yang kita reduksi, kita hilangkan adalah faktor alam yang menjadi penyebab kebakaran itu, karena kita kelola dengan baik," ucapnya.

Selama lahan dikelola dengan baik, jadi lahan hijau, produktif, kata Danrem tidak akan terjadi kebakaran.

"Kalau terjadi kebakaran, itu faktor manusia, tinggal faktor manusianya yang kita benahi," ujarnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Tonton Video Polisi Asal Jambi Tewas Ditembak di Jakarta, Kondisinya Tragis

Baca juga: Ratusan Personel Satpol PP Bongkar Kios di Kota Jambi, Dianggap Langgar Ketertiban Umum

Baca juga: Ratusan Massa Orasi Minta Ketemu Gubernur Jambi

Baca juga: Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo dari jabatan Kadiv Propam Polri Dinonaktifkan Kapolri

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved