Cerita Munculnya Jambi Night Market, Berawal dari Main 'Benteng' hingga Kelaparan

Jambi Night Market (JNM) muncul sebagai wadah industri kreatif yang bergerak meramaikan kawasan pasar loak di Kota Jambi.

Tribunjambi/M Yon Rinaldy
Suasana gelaran Festival Kuliner Jambi Night Market, Kota Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI - Jambi Night Market (JNM) muncul sebagai wadah industri kreatif yang bergerak meramaikan kawasan pasar loak di Kota Jambi.

Kawasan pasar lowak yang terletak di Kecamatan Pasar Jambi merupakan daerah dengan stigma rawan kejahatan saat malam tiba.

Sehingga, suasana ramai pagi hari akan berubah sepi mencekam ketika lewat waktu maghrib lantaran sepi aktivitas manusia.

Tribun Jambi sempat mewawancarai Jagat Alfath Nusantara sebagai Project Offecer JNM yang mengawali perubahan suasana Pasar Jambi menjadi jadi pilihan tempat berwisata malam.

Ia bersama Rahmanda Agesti, Koordinator Operasional JNM serta Ridho Prizka Putro Koordinator Prokes dan Medis JNM berkunjung ke kantor Tribun Jambi.

Beberapa dari mereka yang berjumlah 60 orang menganggap suasana di Jambi dengan tren Covid-19 semakin melandai, membuat sekelompok pemuda aktif tersebut jenuh.

"Semua dalam keadaan krisis dan sebagainya. Kita bingung aja gitu, apa ya kira-kira gitu yang bisa kita lakuin untuk bantu masyarakat. Akhirnya kita breakdown agar tidak terlalu jauh, bantu masyarakat itu seperti apa," kata Jagat.

Terciptalah ide membantu melalui UMKM yang kemudian spesifikasi pada bentuk kuliner.

Baca juga: Ini Asalan Kawasan Pasar Loak Disulap Jadi Jambi Night Market

Alasannya yaitu kuliner merupakan UMKM yang tidak pernah mati, terutama Jambi memiliki banyak kuliner menarik agar dapat terkenal.

"Lokasi yang kami pilih di pasar itu alasannya sesederhana waktu PPKM tahun 2020 masih sangat ketat banget, kami pernah main Benteng (permainan tradisional-red) di kawasan pasar," lanjutnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved