Tribun Wiki

Fosil Ratusan Juta Tahun Ada di Merangin, Satu-satunya di Dunia

Fosil Araucarioxylon merupakan unsur geologi terbentuknya bumi yang berada Indonesia tepatnya di Desa Baru Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupat

ist
Wisatawan saat berfoto dengan Fosil Araucarioxylon yang merupakan unsur geologi terbentuknya bumi yang berada Indonesia tepatnya di Desa Baru Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi yang berumur sekitar 300 juta tahun. 

TRIBUNJAMBI.COM, MERANGIN - Fosil Araucarioxylon merupakan unsur geologi terbentuknya bumi yang berada Indonesia tepatnya di Desa Baru Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Merangin, Provinsi Jambi yang berumur sekitar 300 juta tahun.

Melihat dari Ensiklopedia Zaman Prasejarah, periode geologi pembentukan bumi dalam lima periode. Diantaranya masa Arkeozikum (4,5-2,5 miliyar tahun), Proterozoikum (2,5 miliyar-550 juta tahun), Paleozoikum (590-250 juta tahun), Mesozoikum (250-65 juta tahun), Kenozoikum (65 juta tahun-sekarang).

General Manajer Geopark Merangin, Agus Zainuddin menjelaskan bahwa fosil itu ialah pohon purba, dalam bahasa ilmiiahnya disebut Araucarioxylon.

Keunikan memfosilnya pohon purba itu diungkapkan Agus bahwa berkembang, mulai lahir, hidup dan mati ditempat yang sama.

"Fosil pohon purba yang disebut Araucarioxylon itu berumur sekitar 300 juta tahun, Fosil ini hidup, berkembang dan mati di tempat yang sama atau dalam istilah geologi disebut insito," ujarnya.

Pohon purba yang sudah membatu itu diperkirakan sudah berumur sekitar 300 juta tahun itu lebih tua dari pulau Sumatera yang berumur 127 tahun.

"Dulu Merangin ini lautan, ada Fosil kerang disitu. Usia Fosil itu lebih tua dari pulau Sumatera yang terbentuk sekitar 120 juta tahun lalu," ungkapnya.

Fosil itu diperkirakan terbentuk antara masa carbon akhir dan permian awal.

Fosil tersebut dikatakannya tidak ada dibelahan dunia manapun dan hanya ada di Merangin. Selain fosil pohon purba, yang terdapat di Kabupaten Merangin yakni fosil Kerang, dan Pakis yang berumur ratusan juta tahun.

Pakis yang ada saat ini sudah beberapa kali bermutasi. Hutan pertama di dunia tertutup saat terjadi letusan gunung sehingga terjadi pergeseran.

Untuk fosil Araucarioxylon hanya ada tiga di dunia dan yang bertahan hanya ada di Merangin. Sedangkan di Amerika Latin dan Cina telah punah.

Baca juga: Man United Harus Siapkan Dana Rp 384 Miliar Untuk Mengontrak Bek Barcelona Sergino Dest

Menuju Fosil dengan Arung Jeram

Buat pecinta arus deras, menuju Fosil Araucarioxylon hanya dapat ditempuh dengan jalur sungai dengan cara mengarung jeram.

Sehingga untuk menuju lokasi ini menjadi tantangan sendiri bagi penikmat alam. Sebab ibarat pepapatah, satu kali dayung dua pulau terlampaui.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved