Sensus Penduduk 2020 Lanjutan: Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sebentar lagi, BPS akan memulai perhelatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan. Ada hal menarik dari kegiatan ini yang menggelitik untuk dikulik.

Editor: Suci Rahayu PK
Istimewa
Ni Kadek Suardani, Statistisi Muda pada BPS Prov Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM - Sebentar lagi, BPS akan memulai perhelatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan. Ada hal menarik dari kegiatan ini yang menggelitik untuk dikulik.

Namanya sensus, tetapi kenapa ada syarat dan ketentuan berlaku ya? Sekilas kita coba kembali pahami perbedaan antara sensus dan survei.

Sekalipun keduanya merupakan cara pengumpulan data untuk penyelenggaraan statistik, tapi ada hal mendasar yang menjadi pembeda.
Sensus dan survei berbeda secara nyata dari cakupannya.

Sensus Penduduk 2020
Sensus Penduduk 2020 (bps.go.id)

Cakupan sensus adalah seluruh unit dalam suatu populasi, sementara survei hanya sebagian saja.

Jadi, misalnya ada 50 siswa kelas 6 di sebuah sekolah dasar dikumpulkan data berat badannya; maka cakupan sensus adalah 50 siswa, sementara survei bisa jadi hanya 10, 15 atau mungkin 20 persen dari 50 siswa tersebut.

Berbagai hal dapat menjadi pertimbangan mengapa suatu kegiatan pengumpulan data menggunakan metode survei, bukan sensus.

Alasannya antara lain: biaya, waktu, SDM, jenis data, variasi data yang dikumpulkan, dan lain-lain. Waktu dan biaya seringkali menjadi faktor utamanya.

Apalagi jika dikaitkan dengan sensus yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Tak semudah itu APBN dapat dianggarkan untuk biaya sensus yang sangat mahal. Oleh karenanya, sensus di Indonesia yang diselenggarakan oleh BPS; dilaksanakan 10 tahun sekali.

Sementara kegiatan berbagai macam survei untuk penyelenggaraan statistik di Indonesia, dilaksanakan bervariasi. Ada yang setiap bulan, triwulan, semesteran, tahunan, atau 5 tahunan.

Baca juga: Tradisi Penutupan Lebaran di Sarolangun Dilangsungkan dengan Balumbo Biduk Sarolangun

Baca juga: Siapa Bos Besar di Balik Tambang Emas Ilegal di Manokwari dan Pegunungan Arfak Papua Barat?

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved