Sekjen PDIP Tegaskan Jokowi Taat Konstitusi, Pemilu Tetap 14 Februari 2024

Sekretaris Jenderal PDI-P, Hasto Kristiyanto mengulang pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang megaskan bahwa dia taat konstitusi.

ist
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. 


TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI-P, Hasto Kristiyanto mengulang pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang megaskan bahwa dia taat konstitusi.

Pernyataan Hasto itu menjawab terkait wacana masa jabatan tiga periode maupun penundaan pemilu sudah sangat jelas.

Kata Hasto, Jokowi telah mengatakan taat pada konstitusi. Dengan demikian, jadwal pemungutan suara pada Pemilu 2024 akan tetap dilaksanakan pada 14 Februari 2024 sebagaimana yang telah disepakati pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ketika mengambil keputusan untuk taat pada konstitusi, maka pemilu akan dijalankan 14 Februari 2024," ujar Hasto saat dihubungi Kompas.com, Kamis (31/3/2022).

Hasto juga menegaskan, pernyataan Jokowi yang taat pada konstitusi juga berarti bahwa dirinya menghormati mekanisme demokrasi, yaitu pemilu digelar lima tahun sekali.

"Apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi sudah sangat clear. Komitmennya untuk taat, patuh dan tunduk pada konstitusi," ujar Hasto.

Baca juga: Jokowi Pertegas Sikapnya Soal Wacana Jabatan Presiden 3 Priode, Tegaskan Patuh Konstitusi

Dia bilang bahwa Presiden Jokowi akan berkomitmen dengan pernyataannya yaitu melaksanakan Pemilu 14 Februari 2024.

"Di Jawa, dikenal nilai ‘sabda pandita ratu’. Jadi sekali diucapkan itulah yang akan dilakukan," sambung Hasto.

Presiden Jokowi Rabu kemarin menegaskan akan taat pada konstitusi. Menurut Presiden, semua pihak harus taat pada konstitusi yang sudah jelas mengatur soal masa jabatan presiden.

"Yang namanya keinginan masyarakat, yang namanya teriakan-teriakan seperti itu kan sudah sering saya dengar," kata Jokowi kemarin dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

"Tetapi yang jelas, konstitusi kita sudah jelas. Kita harus taat, harus patuh terhadap konstitusi, ya," sambung Presiden.

Wacana presiden tiga periode dan penundaan pemilu terus bergema di ruang publik meski Jokowi sudah berkali-kali menyatakan dirinya mematuhi konstitusi.

Baca juga: ICW Surati Kemenkomarves, Desak Luhut Buka Data 110 Juta Orang Dukung Penundaan Pemilu 2024

Yang terbaru, Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) berencana mendeklarasikan dukungan Jokowi tiga periode setelah Lebaran mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sekjen PDI-P: Jokowi Sudah Bilang Taat Konstitusi, Jadi Pemilu pada 14 Februari 2024"

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved