Butuh Dana Rp18 Miliar, TPA Regional Modern akan Atasi Sampah dan Bajir di Kerinci-Sungai Penuh

Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh, akan memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Modern untuk mengatasi persoalan sampah dan banjir.

Penulis: Herupitra | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Heru
Gubernur Jambi, Al Haris, saat menghadiri acara Kenduri SKO, di Desa Koto Pudung Kecamatan Tanah Kampung Kota Sungai Penuh, pada Sabtu (15/01) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh, akan memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Modern untuk mengatasi persoalan sampah dan banjir.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jambi, Al Haris, saat menghadiri acara Kenduri SKO, di Desa Koto Pudung Kecamatan Tanah Kampung Kota Sungai Penuh, pada Sabtu (15/01) kemarin.

"Permasalahan yang ada di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh ini adalah banjir, di mana masyarakat banyak yang membuang sampah ke sungai sehingga sungai menjadi dangkal karena terjadi penumpukan sampah," ujarnya.

Mengatasi hal itu kata Al Haris, Pemerintah Provinsi Jambi bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Kota Sungai Penuh untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"Jadi kita akan memperbaiki saluran irigasinya dan membuatkan TPA regional modern nantinya, sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai," cucapnya.

Dirinya juga menyebut, sudah bertemu dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi. Dan jika tidak ada kendala akan mulai pembangunan TPA modern regional untuk Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh

"Pembangunannya menggunakan dana APBN sebesar lebih kurang Rp18 miliar," sebutnya.

Al Haris menuturkan tahapan pembangunan TPA regional modern tinggal menunggu persetujuan dan tanda tangan dari Wali Kota Sungai Penuh dan Bupati Kerinci. Karena TPA regional modern ini untuk Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci.

"Saya mengharapkan ketika pembangunan TPA regional modern sudah selesai, tidak ada permasalahan dan sengketa karena TPA regional ini milik 2 wilayah dan posisinya berada di wilayah Kabupaten Kerinci," tegasnya.(*) 

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved