Breaking News:

Editorial

Memanusiakan ODGJ, Tidak Hanya Sekadar Menertibkan

SEBANYAK 97 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terjaring di Kota Jambi sepanjang 2021 lalu. Artinya, itu rata-rata ada 8 orang per bulan yang dijaring.

Editor: Deddy Rachmawan
Tribunjambi/Aryo Tondang
Sebanyak 90 pasien ODGJ di Jambi Ikuti Vaksinasi Massal AKABRI 1996 Bharatasena di Lippo Plaza Talang Banjar, Jambi Timur, Kamis (23/9/2021) pagi. 

SEBANYAK 97 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terjaring di Kota Jambi sepanjang 2021 lalu. Artinya, itu rata-rata ada 8 orang per bulan yang dijaring.

Kepala Dinas Sosial Kota Jambi, Noviarman mengatakan ODGJ ditangani berdasarkan dari data yang ada. 

Penjaringan ODGJ berdasarkan laporan masyarakat melalui call center 112, ataupun dari satgas atau trantib kecamatan.

Usai terjaring, mereka selanjutnya akan diteruskan ke Rumah Sakit Jiwa agar mendapatkan penanganan secara medis.  Tak hanya itu, asal-usul mereka pun nantinya akan ditelusuri setelah mereka bisa diajak berkomunikasi dengan baik.

Keberadaan ODGJ di tempat-tempat umum memang cukup meresahkan.  Tidak hanya mengganggu keamanan dan kenyamanan warga, keberadaan mereka juga mengganggu estetika kota. 

Meski 2021 Indonesia termasuk Kota Jambi ‘dihajar’ habis-habisan oleh Covid-19, upaya menertibkan ODGJ tetap menjadi prioritas ditandai dengan adanya penganggarannya. 

Sehingga mereka bisa diamankan untuk menjalani penanganan medis.

Seperti kita tahu Covid-19 telah mengalihkan banyak anggaran untuk penanganan pandemi tersebut. Dalam kondisi ini, ada anggaran tertentu yang dihapus karena dianggap tidak atau belum prioritas.

Syukurlah penanganan ODGJ tetap menjadi prioritas.

Apakah proses memanusiakan itu dianggap selesai jika telah mendapat penanganan medis? Seperti kita tahu, meski telah sembuh tidak semua kalangan bisa menerima mereka selayaknya orang normal kembali.  Makin miris, ketika penolakan itu justru datang dari keluarganya sendiri.

Baca juga: Pamerkan Hasil Kerajinan, RSJ Jambi: ODGJ Bisa Pelatihan Rehabilitasi Ketika Sudah Proses Tenang

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved