Breaking News:

Berita Tanjabbar

Damkar Tanjabbar Gelar Tes Kesiapsiagaan Calon Anggota Damkar

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tanjabbar menyelenggarakan tes kesiapsiagaan calon anggota Damkar di alun-alun Kota Kuala Tungkal..

Tribunjambi/Danang
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tanjabbar menyelenggarakan tes kesiapsiagaan calon anggota Damkar di alun-alun Kota Kuala Tungkal.. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tanjabbar menyelenggarakan tes kesiapsiagaan calon anggota Damkar yang dilakukan di alun-alun Kota Kuala Tungkal, Kamis (6/1/2022).

Kepala Dinas Damkar Tanjabbar, Iswardi mengatakan Kegiatan kita adalah rangkaian seleksi Penerimaan Calon anggota pemadam kebakaran yang akan ditempatkan di pos-pos pelayanan pemadaman di Kecamatan.

"Pagi ini kita melakukan tes kesiapsiagaan, jadi disini kita melihat kesiapan mereka, karena di damkar ini kegiatannya itu kan harus siap siaga, walaupun lagi santai, tapi begitu ada perintah pemadaman api atau bencana sudah langsung siap," jelasnya.

Dalam tes kesiapsiagaan menurut Iswardi yang akan dilihat adalah kemampuan fisiknya, kemudian kecekatannya.

Sebelumnya para calon pemadam kebakaran ini telah melakukan tes tertulis di Balai Pertemuan Kantor Bupati di hari Rabu lalu yang materinya berkaitan dengan pemadaman, kemudian hari ini tes kesiapsiagaan dan selanjutnya adalah pengumuman peserta yang lulus.

"Peserta kita yang ikut seleksi kesiapsiagaan ini ada  203 peserta, yang akan lulus ada 42 orang, dengan tambahan 6 orang sopir dan mekanik," ujar Iswardi.

Ia menambahkan dari tes kesiapsiagaan ini sudah terlihat peserta-peserta mana saja yang akan lulus dengan kriteria yang sudah ditentukan. 

"Kita sudah bisa melihat mulai dari kemampuan teori, kemampuan kecekatannya, kesiapsiagaan,  kedisiplinannya, ada yang tidak disiplin misalnya kalau di damkar ini tidak disiplin nyawa taruhannya," tegasnya.

"Kriteria kita itu dari etikannya, disiplinannya, kemampuan fisiknya, kecepatannya itu yang kita nilai," tambahnya.

Kalau soal Kebenarannya Iswardi mengatakan nanti akan dibina setelah lulus nanti, yang penting kriterianya sudsh terpenuhi.

"Harapannya nanti dapat menghasilkan Petugas pemadam yang handal yang memikiki kemampuan dan SDM yang tinggi, setelah lulus ini nanti dan tersaring kemampuannya, kita tinggal melakukan pembinaan, penggalangan sebelum diberangkatkan di pos jadi dibina dulu, diajari dulu," pungkasnya.

Baca juga: Sepanjang 2021 50 Kasus Kerbakaran Terjadi di Tebo, Damkar Sebut Meningkat dari Tahun Sebelumnya

Baca juga: Damkar Catat 25 Kasus Kebakaran di Tanjabbar Selama 2021, Menurun Dibanding 2020

Baca juga: Penyebab Kebakaran Terbanyak karena Kelalaian, Damkar Sarolangun Singgung Api Genset

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved