Breaking News:

Berita Sarolangun

PABPDSI Sarolangun Dilantik, BPD Diminta Tahu Masalah Desa dan Program Pemerintah

Usai melantik Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia PABPDSI kabupaten Sarolangun, bupati Sarolangun Cek Endra mengingatkan pe

Penulis: Rifani Halim | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Rifani
Bupati Sarolangun Cek Endra 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Usai melantik Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia PABPDSI kabupaten Sarolangun, bupati Sarolangun Cek Endra mengingatkan peran BPD dapat membantu pemerintah desa, sesuai amanah undang-undang.

Dia menyebutkan, mulai dari membuat peraturan desa, BPD juga dapat menerima saran dan menyalurkan saran aspirasi masyarakat, maupun pengawasan pembangunan ditingkat desa.

"Mengawasi roda pemerintahan desa sekaligus membantu masyarakat baik keluh kesah masyarakat, maupun masalah-masalah yang ada di desa. BPD itu harusnya terdepan mengetahui kondisi desa," kata Cek Endra, Selasa (4/12/2021).

CE meyakini, peran BPD sangat kuat untuk dalam rangka mengawasi dana-dana P2DK Kabupaten Sarolangun dan dana desa agar tidak salah, jika BPD memanfaatkan sebuah peran tersebut.

"Perencanaan di awal sampai pertanggung jawaban juga harus terlibat. Jangan sampai ada lagi ada temuan -temuan, mungkin ada kades yang tidak melaksanakan pembangunan tidak sesuai dengan harapan, tidak ada lagi ketemu kalau dilakukan secara bersama-sama," jelasnya.

Dia berharap dengan dilantiknya asosiasi tersebut, agar anggota BPD memiliki peran yang jelas terhadap pemerintah desa yang mungkin selama ini terabaikan.

"Untuk mensejahterakan masyarakat desa dan dapat mempertahankan masalah-masalah di desa," ujarnya.

Sementara itu, Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa kabupaten Sarolangun diminta untuk menyiapkan pelatihan.

"Paling tidak anggota BPD mengetahui visi misi, nasional, provinsi dan kabupaten. Sehingga dalam Musrenbang harus searah linier dengan pemerintah, jangan sampai anggota BPD tidak tahu program bupati," terang CE.

Baca juga: 18 Pemain Tim Sepakbola Sarolangun akan Berlaga di Piala Soeratin U-17 Provinsi Jambi di Batanghari

Baca juga: Tim Sepak Bola Soeratin U-17 Sarolangun Diharapkan Bisa Tampil Maksimal di Batanghari

Baca juga: Proses Hukum Oknum SAD Tahanan Polres Sarolangun yang Sempat Kabur Terus Bergulir

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved