Breaking News:

Berita Tanjabtim

Angka Putus Sekolah di Tanjabtim Masih Terbilang Tinggi, Disdik Catat 7 Persen dari 35 Ribu Siswa

Angka putus sekolah di Tanjabtim terbilang masih tinggi, Disdik mencatat dari total siswa mencapai 35.000 dimana 7 persennya putus sekolah.

tribunjambi/abdullah usman
Junaidi Rahmat, Kadisdik Tanjabtim 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Angka putus sekolah di Tanjabtim terbilang masih tinggi, Disdik mencatat dari total siswa mencapai 35.000 dimana 7 persennya putus sekolah.

Dari total 35.000 siswa tersebut merupakan keseluruhan, dari tingkat SD, SMP hingga SMA yang ada di Kabupaten Tanjabtim.

"Tujuh persen yang putus sekolah tersebut, paling banyak dialami siswa yang mau naik dari SMP Ke SMA,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim Junaidi Rahmat, Minggu (2/1/2022).

Dalam rata rata lama sekolah siswa kita dapat dilihat, dimana rata-ratanya hanya 6,92 artinya apa, baru lulus sekolah dasar SD mereka sekolah di SMP itu hanya 9 bulan rata-ratanya. 

Selain itu angka yang cukup tinggi juga terjadi di jenjang SMA menuju Perguruan tinggi.eski angkanya masih jauh dari tingkatan sebelumnya, namun angka putus sekolah di jenjang tersebut cukup tinggi juga. 

Terkait faktor penyebabnya sendiri, banyak hal tentunya. Dimana yang paling sering dan mendominasi itu faktor Ekonomi, kemudian faktor budaya dan faktor angka kemiskinan. 

"Karena faktor ekonomi dan kemiskinan tadi, banyak anak anak yang memilih bekerja daripada melanjutkan sekolah mereka,” jelas Junaidi. 

Kondisi ini juga menjadi perhatian serius bagi pihaknya, bagaimana angka putus sekolah di Tanjabtim ini tidak berlanjut dan dapat berkurang. Salah satunya Pemerintah terus mengupayakan kerjasama dengan pihak swasta untuk program beasiswa. 

"Satu diantaranya melalui perusahaan perusahaan besar yang ada di Tanjabtim, sebut saja PetroChina. Kita juga berharap program beasiswa Petro ini dapat dirasakan di wilayah terpencil yang ada di Tanjabtim,” pungkasnya.

Baca juga: Menu Es Cinta di Tempat Nongkrong Sabak Barat Tanjabtim Ini Buat Pengunjung Ketagihan

Baca juga: Pos PAM Geragai Tanjabtim Sudah Vaksinasi 200 Orang Lebih Sejak 24 Desember 2021

Baca juga: PetroChina Jabung Ltd Dan SKK Migas Bersama Pemkab Tanjabtim Serahkan Bantuan Beasiswa Siswa SD-SMA

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved