Breaking News:

Berita Tanjabtim

Ini Langkah Pihak Kelurahan Guna Menjaga Ruang Terbuka Hijau di Sabak Timur Tanjabtim

Beberapa persoalan menjadi target bagi Lurah Ilir dalam keberlangsungan keberadaan RTH di Sabak Timur, mulai dari infrastruktur dan juga keamanan aset

Tribunjambi/ab
Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan eks pasar baena sabak timur rampung. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Beberapa persoalan menjadi target bagi Lurah Ilir dalam keberlangsungan keberadaan RTH di Sabak Timur, mulai dari infrastruktur dan juga keamanan aset.

Kecamatan Muara Sabak Timur, tepatnya di Kelurahan Sabak Ulu dan Muara Sabak Ilir patut berbangga.

Pasalnya di Kelurahan yang terkenal akan nilai sejarah tersebut, saat ini sudah memiliki icon baru untuk bersantai.

Lurah Sabak Ilir A Rahman, menuturkan dengan adanya RTH ini tentu masih banyak hal lain yang perlu dilengkapi guna menunjang kenyamanan para pengunjung nantinya.

Salah satunya, terkait infrastruktur jalan. Dimana saat ini jalan di sekitaran RTH masih belum memadai untuk dilalui kendaraan roda Dua bahkan roda Empat.
Dan hal tersebut akan menjadi fokus pembahasan kita ke depan baik di Musrembang ataupun dalam kesempatan lain.

"Karena jalan yang ada saat ini masih belum memadai, kita berharap ke depan akan ada pembangunan jalan yang memadai bagi pengunjung melintas ataupun parkir kendaraan mereka," ujarnya, Rabu (22/12/2021).

"Kalo usulannya kita minta di bangun jalan dari simpang Hotel santi hingga ke depan kantor Syahbandar, kita juga meminta support dari Pemerintah Kabupaten, " tambahnya.

Selain persoalan jalan, juga keamanan aset juga tak lepas dari perhatian kita. Sebagai langkah antisipasi ke depan pihaknya akan membahas persoalan keamanan ini secara serius.

"Apakah nanti akan kita buat tim jaga patroli dari Kelurahan, atau dari pihak tertentu. Soal keamanan juga menjadi perhatian kita, " tandanya.

Diberitakan sebelumnya dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanjabtim, Ali Fachrudin mengatakan, rencana itu bertujuan untuk memperindah lingkungan dan sebagai sarana untuk pertemuan antar masyarakat.

"Selain itu, RTH itu nantinya juga bisa dijadikan lokasi event-event kecamatan maupun kabupaten," katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, pembangunan RTH ini juga merupakan salah satu upaya Pemkab Tanjabtim untuk mempromosikan Kecamatan Muara Sabak Timur sebagai kecamatan induk saat pertama kali Kabupaten Tanjabtim berdiri pada tahun 1999.

Pembangunannya sendiri akan dilakukan dari simpang Hotel Santi sampai dengan simpang Kantor Syahbandar. Anggaran yang telah disiapkan sebesar Rp 3,7 Miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Tanjabtim tahun 2021.

"Sepanjang bantaran sungai dari Hotel Santi sampai dengan Kantor Syahbandar sekitar 100 sampai 200 meter," terangnya.

Ali menambahkan, bahwa pembangunan RTH ini dilakukan secara bertahap. Tahun ini tahap awal dan akan berlanjut pada tahun yang akan datang. Untuk keseluruhan pembangunannya menghabiskan anggaran diperkirakan sekitar Rp 5,4 Miliar.

Baca juga: Tanjabtim Kembali Mendapatkan Penambahan Kuota Gas LPG di Tahun 2022

Baca juga: Pembangunan RTH Rampung, Kesan Suram di Eks Pasar Baena Sabak Timur Sudah Hilang, Ini Harapan Warga

Baca juga: Dinas PUPR Tanjabtim Meminta Provinsi Ikut Andil Dalam Perbaikan Jalan di Sabak Ulu

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved