Breaking News:

Berita Tanjabtim

Lonjakan Harga Minyak Goreng Jelang Nataru di Tanjabtim Menjadi Perhatian

Satgas Pangan Kabupaten Tanjabtim memperkirakan harga minyak goreng masih terus meroket jelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Tribunjambi/Hasbi
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Satgas Pangan Kabupaten Tanjabtim memperkirakan harga minyak goreng masih terus meroket jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Sekretaris Satgas Pangan Tanjabtim, Agus Sadikin menuturkan, kenaikan cukup signifikan pada minyak goreng curah dan kemasan Ini dikarenakan harga CPO terus naik.

Dengan demikian harga minyak goreng masih curah di angka Rp 18 ribu per liter sedangkan kemasan Rp19.500 per liternya.

Dirinya memprediksi, jelang Nataru tidak ada kelangkaan bahan pokok yang berarti. Semuanya dalam posisi aman, seperti telur, bawang, daging hingga bahan pokok lainnya. Hanya saja harga Cabai baik itu merah maupun rawit, merangkak naik.

"Stok bahan pokok masih aman. Ini juga sudah dijamin Kementerian Perdagangan RI. Cuman harga minyak goreng saja yang naik. Selebihnya (bahan pokok), belum ada tanda-tanda kenaikan harga yang berarti," ungkapnya, Senin (20/12/2021).

Sementara itu, May salah seorang pedagang di pasar tersebut menyebut, kenaikan harga cabai merupakan hal yang biasa setiap tahunnya. Mengingat bulan di bulan Desember bertepatan dengan hari besar agama Kristiani serta pergantian tahun baru.

"Biasa la itu bang jelang natal dan tahun baru. Saat ini cabai merah Rp 28 ribu per kilogram dari Rp 15 ribu per kilogram. Kalo cabai rawit Rp 45 ribu per kilogram dari Rp 20 ribu," gumamnya.

Sedangkan untuk stok cabai memang mengalami kesulitan dalam satu bulan ini lantaran cuacanya yang tak bersahabat. Cuaca buruk menjadikan stok cabai dari petani menjadi berkurang karena banyaknya petani yang gagal panen imbas cuaca buruk.

"Kalau cabai ini memang karena alamnya, stok dari petani berkurang. Kita semua ambil dari agen di Kota Jambi bang," tutupnya.

Baca juga: KABAR BAIK, Ini 5 Minyak Goreng Terbaik Pengganti Minyak Goreng Kelapa Sawit

Baca juga: Pelarangan Minyak Goreng Curah, Kepala Perwakilan BI Jambi: Ada Dampaknya ke Inflasi

Baca juga: Disperindag Kota Jambi Tanggapi Soal Larangan Minyak Goreng Curah

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved