Breaking News:

Berita Merangin

Akhirnya Merangin Punya Gedung Pusat Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu

Akhirnya Kabupaten Merangin memiliki gedung pusat pelayanan Haji dan Umroh, sehingga jemaah tidak perlu bolak balik mengurus administrasi.

Tribunjambi/darwin
Gedung Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Merangin 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Akhirnya Kabupaten Merangin memiliki Gedung Pusat Pelayanan Haji dan Umrah, sehingga jemaah tidak perlu bolak balik mengurus administrasi.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kamenag) Kabupaten Merangin, Marwan Hasan mengatakan bahwa pembangunan tersebut bersumber dari APBN.

Didirikannya bangunan tersebut terkait kebijakan pemerintah dalam tiga tahun terakhir untuk pembangunan gedung pelayanan haji terpadu dengan desain standar Nasional.

"Semua daerah bentuknya sama, desainnya sudah ditentukan oleh pusat, jadi tidak boleh dirubah-rubah, di provinsi Jambi sendiri baru ada lima," ujarnya.

Dikatakan Marwan, sebelumnya pelayanan Haji dan Umroh dilakukan di salah satu ruangan seksi haji. Nanti gedung tersebut akan ditempati oleh seksi Haji.

"Januari insya Allah sudah bisa beroperasi. Kemenag juga akan bekerja sama dengan pihak Bank, dengan adanya konter-konter Bank dalam gedung ini, sehingga calon jemaah tidak perlu bolak-balik untuk menyetor biaya hajinya," ujar Marwan.

Gedung tersebut lanjutnya juga dilengkapi aula untuk pelaksanaan bimbingan manasik haji dan umroh, tapi dengan kapasitas yang tidak terlalu banyak.

"Intinya ini adalah peningkatan pelayanan. Prinsipnya memberikan pelayanan terbaik untuk calon jemaah haji dan calon haji," tambahnya.

Marwan Hasan juga mengungkapkan pembangunan itu terjadi dengan peran pemerintah daerah Merangin yang menghibahkan tanah ke kementrian agama.

Sebab jika tidak punya lahan maka bantuan tersebut tidak bisa diterima, karena salah satu yang menjadi syarat harus punya tanah sendiri.

Untuk diketahui, pembangunan gedung tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan total dana Rp 2,6 miliar.

Baca juga: Realisasi Pajak Kendaraan di Merangin Tahun 2021 Lebihi Target, Samsat: Capai Rp 29,37 Miliar

Baca juga: Jelang Akhir Tahun 2021 Ada 468 Janda Baru di Merangin

Baca juga: Arab Saudi Sudah Bolehkan Umroh untuk Indonesia, Kemenag Merangin Berharap Jemaah Taat Prokes

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved