Breaking News:

Berita Tanjabbar

Fadhilah Sadat Berharap Dekranasda Tanjabbar Dapat Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan

Ketua Dekranasda Tanjabbar Fadhilah Sadat berharap pengurus dekranasda baru dapat berkomitmen dan bekerjasama untuk perkembangan dekranasda kedepannya

Tribunjambi/Danang
Ketua Dekranasda Tanjabbar Fadhilah Sadat 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanjabbar resmi dilantik di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjabbar, Kamis (9/12/2021).

Ketua Harian Dekranasda Tanjabbar, Syafriwan bersama pengurus lainnya dilantik oleh Ketua Dekranasda Tanjabbar, Hj Fadhilah Sadat.

Hj Fadhilah Sadat berharap pengurus dekranasda yang baru dapat berkomitmen dan bekerjasama untuk perkembangan dekranasda kedepannya.

"Kita ingin Dekranasda berjuang meningkatkan UMKM daerah kita dengan cara pelatihan-pelatihan, terutama kerajinan khas daerah Kabupaten Tanjabbar ini, seperti batik yang memang itu sangat dominan sekali, memang sangat saya tekankan di Kabupaten Tanjabbar ini," ujarnya.

Ia menekankan untuk dapat meningkatkan pembuatan motif batik disetiap kecamatan agar memiliki motif sendiri dari kekayaan alam yang dimiliki.

"Bagaimana kita bisa mengangkat potensi alam yang ada khususnya batik Tanjabbar, jadi tidak hanya terfokus pada satu daerah, tapi saya mau di 13 Kecamatan batik ini tetap mempunyai ciri khas masing-masing karena kan kita di tanjabbar terdiri dari 13 Kecamatan jadi di Tungkal Ilir punya ciri khasnya tersendiri di Betara punya ciri khas tersendiri begitu selanjutnya di kecamatan-kecamatan lain," jelasnya.

Hj Fadhilah Sadat mengatakan Dekranasda akan membangun rumah dekranasda sebagai tempat mengumpulkan semua kerajinan-kerajinan yang ada di Tanjabbar, seperti batik, batok kelapa yang bisa dibuat tas, tikar purun, serabut kelapa untuk kerajinan, kulit kerang yang bisa dibuat kerajinan, selain itu juga makanan cemilan dan snack.

"Seperti yang disampaikan oleh ibu wakil ketua harian, katanya PKK dan dekranasda harus saling bekerja sama , Jadi artinya apa yang ada di PKK UP2K kerajinannya, keteramipilannya akan tetap berkolaborasi dengan yang ada di dekranasda," ujarnya.

"Itu yang ingin saya lakukan bersama pengurus dekranasda Kabupaten Tanjabbar," tambahnya.

Ditambahkan Hj Fadhilah Sadat Dekranasda juga bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Tanjabbar khususnya melakukan pelatihan-pelatihan dan pembinaan terutama bagi pengrajin batik.

"Kemarin saya ada membuka pelatihan yang berbasis kewirausahaan dalam mempromosikan batik Kabupaten Tanjabbar, bukan hanya kita kenalkan di dalam daerah, tetapi juga ke luar daerah bahkan kalau perlu kita ikut ke tingkat nasional," ujarnya.

Terakhir ia berharap kepada para pengurus dekranasda yang baru agar saling bahu-membahu dan bekerjasama untuk perkembangan perekonomian Kabupaten Tanjabbar khususnya perekonomian keluarga ataupun ekonomi kerakyatan.

"Jadi kita angkat dan kita kembangkan sesuai dengan kehendak visi misi bupati dan wakil bupati dalam mewujudkan Tanjabbar yang berkah," pungkasnya.

Baca juga: Bupati Tanjabbar Minta Dekranasda Manfaatkan Potensi SDA untuk Dikreasikan

Baca juga: Pelantikan Pengurus Dekranasda Tanjabbar, Syafriwan: akan Tingkatkan Mutu dan Daya Saing Pengrajin

Baca juga: 20 Peserta Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Membatik di Muara Papalik oleh Dekranasda Tanjabbar

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved