Breaking News:

Berita Tanjabbar

Bupati Tanjabbar Minta Dekranasda Manfaatkan Potensi SDA untuk Dikreasikan

Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat meminta Dekranasda Tanjabbar untuk memaksimalkan potensi SDA yang dimiliki Kabupaten Tanjabbar

ist
Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat meminta Dekranasda Tanjabbar untuk memaksimalkan potensi SDA yang dimiliki Kabupaten Tanjabbar.

Hal ini disampaikan saat dirinya menghadiri acara pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanjabbar masa bakti 2021-2024.

"Ini sebuah tantangan besar terutama bagi ketua harian, potensi kita ini yang telah disampaikan tadi, tidak hanya sekedar Batik, kita punya tikar purun, di Kecamatan Pengabuan, Senyerang banyak daun purun, nah ini kalau dikreasikan luar biasa, bisa menjadi sumber potensi untuk meningkatkan ekonomi kita," jelasnya.

Saat ini ia sangat menyanyangkan tikar purun cuma dijadikan untuk mengangkat mayat orang meninggal, padahal dengan dulu dijadikan alas tidur karena lebih sehat.

"Selain tikar purun, juga ada rotan, banyak pohon rotan, potensi kita itu sekarang tidak di kembangkan lagi, tidak dikreasikan lagi. Kemudian juga ada tikar pandan, tikar pandan itu lebih dingin, saya beli itu, untuk tidur itu lebih enak, diletak diatas kasus, bangun pagi jadi segar." Ujarnya

Belum lagi dikatakannya kekayaan kelapa, serabut kelapa bisa dikreasikan menjadi jok mobil mewah, menjadi bantal, serabut kelapa Tanjabbar diekspor ke lampung, ke batam, untuk dibuat jok mobil, ini bisa dikreasikan untuk potensi lainya.

"Kita juga punya resam, bisa dibuat gelang, topi, khasiatnya juga banyak," ujarnya.

Ada juga buah pidada, buah pidada ini tidak termanfaatkan padahal kandungannya banyak, bagaimana busa dijadikan sirup, Apalagi pohon nipah di sepanjang kuala betara banyak,

"Buah pidada sudah ada sirupnya, kemarin kita jadikan sovenir MTQ, dan mereka mengapresiasi dan banyak yang suka, ujarnya

"Potensi SDA itulah yang menjadi potensi kekayaan kita, bagaimana Dekranasda mengelaborasi untuk menjadikan manfaat untuk bisa kolaborasi dengan umkm dalam pengolahannya. SDA kita punya, tinggal lagi kemampuan kita untuk memaksimalkannya,"

"Ini tantangan dekranasda untuk menggali potensi potensi itu," tambahnya.

Baca juga: Pelantikan Pengurus Dekranasda Tanjabbar, Syafriwan: akan Tingkatkan Mutu dan Daya Saing Pengrajin

Baca juga: 20 Peserta Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Membatik di Muara Papalik oleh Dekranasda Tanjabbar

Baca juga: Gubernur Jambi Berharap Dekranasda 2021 Dapat Mengangkat Ekonomi Rumah Tangga Melalui UMKM

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved