Breaking News:

Tidak Mudah, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Novel Baswedan dkk untuk Jadi ASN Polri

Polri telah menerbitkan aturan terkait pengangkatan 57 eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi ASN Polri.

KOMPAS.com / IRFAN KAMIL
57 Pegawai KPK berjalan dari Gedung Merah Putih ke Gedung ACLC pada Kamis (30/9/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Novel Baswedan dkk yang dipecat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berpeluang besar untuk diangkap sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Polri.

Diketahui Polri telah menerbitkan aturan terkait pengangkatan untuk 57 eks pegawai KPK untuk jadi ASN Polri.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Khusus dari 57 Eks Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi Menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Perpol tersebut diterbitkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 29 November 2021.

"Betul sudah keluar perpol," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dikutip dari Kompas.com, Jumat (3/12/2021).

Meski demikian, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi Novel Baswedan dan ke-56 eks Pegawai KPK sebagaimana terdapat pada Pasal 6. 

Salah satunya adalah nama eks pegawai KPK tercantum dalam daftar usulan yang diajukan Asisten SDM Kapolri yang diajukan kepada Kapolri.  

Syarat selanjutnya, para mantan pegawai KPK itu juga diharuskan menandatangani surat pernyataan bersedia menjadi PNS; setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan pemerintah yang sah; dan tidak terlibat kegiatan organisasi yang dilarang pemerintah atau putusan pengadilan. 

Dalam pasal yang sama juga disebutkan bahwa, pengangkatan harus berdasarkan penyesuaian jabatan, pangkat dan masa kerja. 

Penyesuaian jabatan, pangkat, dan masa kerja ditetapkan dengan Keputusan Kapolri

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved