Materi Khutbah Jumat

Materi Khutbah Jumat Singkat Bertema " Beruntung Orang yang Bertakwa pada Allah"

Berikut materi tentang " Beruntung Orang yang Bertakwa pada Allah". yang merupakan materi Khutbah Jumat, Khotbah Jumat dalam Sholat Jumat

Editor: Heri Prihartono
SURYA.co.id
Sholat Jumat (Salat Jumat) di Masjid Nasional Al Akbar, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (27/3/2020). 

Ma’syiral muslimin,

Khotib berpesan  kepada diri khotib pribadi dan jamaah sekalian agar senantiasa bertakwa kepada Allah. Karena hanya orang-orang yang bertakwalah yang akan beruntung di dunia dan akhirat.

Al-Imam at-Tirmidzi meriwayatkan, dari Abdullah bin Bus ria berkata,

“Ada seorang Arab Badui berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Wahai Rasulullah, siapakah sebaik-baik manusia’? Beliau menjawab, ‘Siapa yang paling panjang umurnya dan baik amalannya’.” [Hadits riwayat Tirmidzi].

Dijelaskan dalam riwayat lain, dari Abu Bakrah radhiallahu ‘anhu,

Ada seorang yang bertanya, ‘Wahai Rasulullah, manusia manakah yang paling baik’? Beliau menjawab, ‘Siapa yang panjang umurnya dan baik perbuatannya’. Orang itu bertanya lagi, ‘Lalu manusia manakah yang paling buruk’? Beliau menjawab, ‘Siapa yang panjang umurnya dan buruk perbuatannya’. [HR. Tirmidzi].

Penjelasan dalam riwayat lain,

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Maukah kalian aku beritahukan yang paling baik dari kalian’? Para sahabat menajwab, ‘Tentu, wahai Rasulullah’. Beliau bersabda, ‘Sebaik-baik kalian adalah yang paling panjang umurnya dan palaing baik amal perbuatannya’.” [HR. Ahmad].

Di antara sahabat yang meriwayatkan hadits ini tadi adalah Abdullah bin Busr. Ia termasuk sahabat junior. Maksudnya, mendapati kehidupan Nabi hanya sebentar. Dan tatkala Rasulullah wafat ia masih berusia belia. Rasulullah pernah mengusap kepalanya, lalu bersabda,

“Anak ini akan hidup selama satu abad.” [HR. al-Hakim dan al-Baihaqi].

Dan benar, beliau hidup kurang lebih selama 100 tahun. Ia adalah sahabat terakhir yang meninggal di Syam. Subhanallah.. ia berusia panjang. dan ia pula yang meriwayatkan hadits:

“Orang terbaik adalah yang paling panjang umurnya dan baik amalannya.”

Ma’asyiral muslimin,

Hadits ini menunjukan kepada kita bahwa umur adalah nikmat yang besar dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved