Breaking News:

Berita Batanghari

BNNK Batanghari Dipersilahkan Tes Urine ASN, Fadhil Arief: Laksanakan Secara Mendadak

Bupati Batanghari mempersilahkan BNNK Batanghari untuk tes urine ASN agar terdeteksi positif atau negatif mengonsumsi narkotika.

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
A Musawira
Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Seluruh aparatur di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari harus bersih dari narkoba. Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief menyebut semua aparatur harus jadi tauladan untuk masyarakat.

Aparatur di Pemkab Batanghari apapun itu jenisnya baik PTT, ASN, PPPK itu wajib menjalani tes urine yang diselenggarakan oleh BNNK Batanghari.

Bupati menginginkan seluruh bawahannya harus bebas dari narkoba dan memerangi peredaran narkotika diwilayahnya.

Fadhil Arief menyampaikan tes urine nantinya bertujuan untuk memastikan apakah para pejabat di lingkungan Pemkab Batanghari terdeteksi positif atau negatif mengonsumsi narkotika.

“Kita akan membersihkan daerah ini dari bahayanya narkoba, tapi kita mulai dari internal kita dulu. Waktu itu pernah dilakukan BNNK ke Satpol PP. Tapi tak sebatas dari situ saja nantinya semua dinas akan dites urin secara mendadak,” kata Fadhil Arief, Bupati Batanghari belum lama ini.

Bila ada yang terdeteksi positif akan ada efek jerah mungkin bisa dilaksanakan rehabilitasi.

Mantan Sekda Muaro Jambi ini mempersilahkan BNNK untuk masuk ke kantor mana saja dan tes di mana saja.

“Tes urin itu harus mendadak, kalau tidak mendadak takutnya nanti ada hal-hal yang bisa dikelabui oleh orang yang bersangkutan,” katanya.

Selama berjalannya tes urin ini nantinya jika ada yang positif, maka dirinya akan menegur secara lisan dan akan ada hukum secara berjenjang sesuai dengan hukum ditingkat kedisiplinan pegawai.

Ia berujar tetap diberikan sanksi, namun tetap dilakukan pembinaan dan rehabilitasi, walau sudah begitu dia tetap melakukan secara berulang atau kambuhan dia harus diberhentikan.

“Ada penilaian kerja setiap kepala OPD di Pemkab Batanghari untuk menjamin seluruh bawahannya tidak terkait dengan narkoba. Dalam rangka itu kita menjamin, kita pakai alat pembanding melalui BNNK lembaga yang diberi kewenangan terhadap hal itu,” ujarnya.

Fadhil Arief mengakui memang banyak OPD yang belum melakukan tes urin, BNNK Batanghari miliki anggaran terbatas.

“Sebagian harus disupport pakai anggaran, sudah kita masukan ke BKPSDMD supaya ada anggaran untuk BNNK selalu rutin untuk melakukan tes urin. Komitmen ini yang perlu dibangun bersama antara seluruh pejabat di Kabupaten Batanghari,” pungkasnya.

Baca juga: Pemkab Batanghari Akhir Tahun 2021 Mulai Evaluasi PTT, Sekda: Ada 6.100 Orang Mengikuti Tes

Baca juga: Bupati Batanghari Tawarkan Solusi Permanen Soal Angkutan Batu Bara

Baca juga: Bupati Batanghari Kukuhkan Pengurus PPDI untuk Tiga Kecamatan, Ini Pesan Fadhil Arief

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved