Breaking News:

Tips Kesehatan

Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mengobatinya

Keberadaan batu ginjal dapat berubah-ubah dan tidak selalu berada di dalam ginjal karena batu ginjal bergerak melalui saluran kemih.

Editor: Nurlailis
Photo by Karolina Grabowska from Pexels
Gejala batu ginjal 

TRIBUNJAMBI.COM - Tidak hanya karena kurang minum air putih, batu ginjal juga dapat dipicu oleh kondisi lain, seperti berat badan berlebih dan efek samping operasi pada organ pencernaan.

Batu ginjal yang juga disebut kencing batu, dapat terbentuk pada satu ginjal maupun keduanya dan berukuran sangat kecil hingga mencapai beberapa inci.

Berdasarkan jenisnya, batu ginjal diklasifikasikan menjadi empat, yakni batu kalsium, batu struvit, batu asam urat, dan batu sistin.

Keberadaan batu ginjal dapat berubah-ubah dan tidak selalu berada di dalam ginjal karena batu ginjal bergerak melalui saluran kemih.

Namun, kondisi ini dapat menyebabkan iritasi saluran kemih karena saluran yang disebut ureter berukuran kecil.

Pada beberapa kasus, batu ginjal yang berukuran besar dapat terjebak pada ureter yang menyebabkan perdarahan, serta menimbulkan rasa sakit hebat pada perut bagian bawah.

Terbentuknya batu ginjal menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa sakit ketika buang air kecil.

Akan tetapi pada sebagian kasus, obat pereda nyeri dan memperbanyak minum air dapat mengeluarkan batu ginjal melalui saluran kemih.

Maka dari itu, segera lakukan pemeriksaan ketika merasakan gejala dari batu ginjal agar kondisi ini dapat segera ditangani dan mencegah kerusakan permanen pada ginjal.

Penyebab

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved