Breaking News:

Berita Jambi

Gubernur Jambi Harap Pembangunan Jembatan Sungai Rambut Tetap Berjalan, Agar Akses ke Ujung Jabung

Berita Jambi-Gubernur Jambi mengharapkan ada respon pasti dari pemerintah pusat terkait pembangunan sinergitas Jembatan dan pelabuhan..

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Nani Rachmaini
MONANG/TRIBUNJAMBI.COM
Gubernur Jambi Al Haris 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Gubernur Jambi mengharapkan ada respon pasti dari pemerintah pusat terkait pembangunan sinergitas Jembatan Sungai Rambut dan Pelabuhan Ujung Jabung.

Ia membeberkan bahwa ekspor Jambi telah menyumbang Rp2,6 triliun dan menjadi terbesar ketiga se Indonesia. Sehingga menurutnya Jambi pantas mendapatkan program pembangunan jembatan tingkat nasional.

“Hasil tinjauan udara kita bersama pihak pusat melihat lokasi akan dibangun jembatan Sungai Rambut, lalu menuju Ujung Jabung, kita ingin memperlihatkan apakah masih layak dilanjutkan, dan semua berjalan baik,” sebutnya.

Dirinya menyebut, pemerintah pusat inginkan pembagnunan pelabuhan didahulukan ketimbang jembatan. Padahal yang menjadi titik pentingnya adalah jembatan Sungai Rambut, karena itu akan menjadi akses menuju pelabuhan Ujung Jabung.

"Masa kita ingin bikin jembatan saja, yang Rp 300 miliar kok repot amat, maka saya bilang di dalam (rapat bersama Komisi V DPR RI) kalau mereka berprinsip jadi pelabuhan Ujung Jabung dulu baru dibuat jembatan berarti abu-abu. Saya tak setuju itu, saya protes saya harap memulai dengan membangun jembatan," terangnya.

Ia menilai jika sudah ada jembatan maka pembangunan akan lebih terintegrasi.

"Jembatan dibangun dan pelabuhan juga ikut dibangun. Perkara teknis pembangunan kedua sektor ini, bisa diatur. Yang penting pemerintah sudah (harus)ada respon dengan kita," katanya.

Sementara itu, Pemprov Jambi dan DPRD Provinsi Jambi menyetujui untuk pembangunan jalan menuju Ujung Jabung melalui jalan Talang Pudak- Suak Kandis.

"Kita bangun secara Multiyears (tahun jamak) Rp 350 miliar dengan nekat walau kita tahu tak punya uang cukup tapi kita coba. Ini kita lakukan agar pusat lihat kita ini serius," katanya.

Oleh karena itu dirinya berharap, pemerintah pusat tidak merubah rencana itu pembangunan pelabuhan dan jembatan itu.

"Kami berharap tetap dibangun jembatan sungai rambut ini. Jembatan itu memiliki panjang 600 meter, harapannya 2022 dibangun," pungkasnya

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Komisi V DPR RI Tinjau Lokasi Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung dan Jembatan Sungai Rambut

Baca juga: UMP Jambi Naik 0,73 Persen, Ini Tanggapan Serikat Buruh dan Gubernur

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved