Breaking News:

Berita Jambi

Sarolangun Zona Hijau Tapi Tetap Berstatus PPKM Level 3, Ini Kata Dinas Kesehatan Provinsi Jambi

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Raflizar, menyebutkan dua daerah yang zona hijau berada di Sarolangun dan Kota Sungai Penuh.

monang widyoko
Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Raflizar 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tim Pakar Analisis Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi menetapkan dua daerah di Provinsi Jambi berstatus zona hijau dalam pemetaan risiko Covid-19 di Kabupaten/Kota.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Raflizar, menyebutkan dua daerah yang zona hijau berada di Sarolangun dan Kota Sungai Penuh.

"Yang zona hijau itu ada di Sarolangun dan Kota Sungai Penuh. Sedangkan sembilan Kabupaten/Kota lainnya berada di zona kuning," ungkapnya, Kamis (18/11/2021).

Meski Kabupaten Sarolangun berstatus zona hijau, namun dalam level PPKM sendiri kabupaten tersebut malah masuk ke PPKM level 3.

Raflizar menjelaskan, hal itu bisa saja terjadi. Sebab untuk indikator dari penentuan pemetaan risiko Covid-19 di Kabupaten/Kota berdasarkan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit dan jumlah kemampuan testing.

"Sedangkan PPKM level 3 di Sarolangun berkaitan dengan cakupan vaksin yang perlu ditingkatkan lagi. Artinya indikator yang menjadi patokan analisis itu berbeda dengan zonasi yang dianalisis," jelasnya.

Sementara itu, terkait keterisian tempat tidur perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 di Provinsi Jambi, Raflizar menjelaskan kondisinya saat ini cukup baik.

Ia mengatakan, rata-rata keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini berada di bawah 5 persen.

"Untuk pasien Covid-19 di rumah isolasi tak ada lagi pasien Covid-19. Kemudian di rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada 26 rumah sakit itu sudah cukup baik BORnya dan berada dibawah 5 persen," paparnya.

Melihat data-data ini, dirinya optimis ke depan beberapa daerah di Provinsi Jambi akan naik status menjadi zona hijau.

Dirinya pun memprediksi untuk daerah Kabupaten Kerinci ke depan akan naik ke zona hijau.

"Kemungkinan untuk daerah yang akan zona hijau lagi akan ada di Kerinci, dan juga kabupaten lain akan terjadi. Ini juga terlihat melandainya kasus setiap hari dan masih tetap terjadi dan nol kasus," pungkasnya.

Baca juga: Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Buka Suara, Satu Warga Bungo Terkonfirmasi Varian Delta

Baca juga: Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Raflizar Positif Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri

Baca juga: Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Sebut Vaksin Astrazeneca Aman

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved