Breaking News:

Berita Tanjabtim

Melalui Pelabuhan Samudera, Pemkab Tanjabtim Buka Peluang Ekspor Baru

Melalui Pelabuhan Samudera Muara Sabak, Pemerintah Kabupaten Tanjabtim akan membuka peluang ekspor baru.

ISTIMEWA/DOc PT PELINDO II CABANG JAMBI
Dua jenis kapal berbeda, kapal tongkang dan kapal kayu tengah sandar di Pelabuhan Samudra Muara Sabak. Kapal kayu memuat kebutuhan konsumtif seperti sembako, pupuk, dan semen. Sementara kapal tongkang memuat komoditas batu bara untuk kebutuhan PLTU di Pulau Jawa dan Kalimantan. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Melalui Pelabuhan Samudera Muara Sabak, Pemerintah Kabupaten Tanjabtim akan membuka peluang ekspor baru.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Tanjabtim, Muhammad Awalludin mengatakan, bahwa saat ini pola penjualan hasil kebun petani dengan menjual kelapanya ke pedagang-pedangan pengumpul, dan pedagang pengumpul menjual ke pedagang perantara sebelum menjualnya ke eksportir.

"Nah dengan adanya kerjasama dengan PT. Pelindo dan PTP melalui Pelabuhan Muara Sabak, kami ingin memutus rantai itu. Bagaimana caranya pedagang pengumpul bisa langsung ke eksportir," katanya, Minggu (14/11/2021).

"Saat ini Tanjabtim belum mempunyai satu pun eksportir. Dengan harapan, jika nanti pedagang pengumpul itu sudah mulai jago, maka kami bagaimana caranya untuk menciptakan pengusaha ekspor baru di Tanjabtim," sambungnya.

Awalludin mengungkapkan, jadi untuk menciptakan hal tersebut, butuh proses dan bertahap. Perlunya Pemerintah menciptakan pengusaha ekspor yang baru, karena jika rantai distribusi penjualan produk agro tersebut dapat diputus, maka yang diuntungkan adalah petani.

"Jika ada satu saja pedagang pengumpul yang sudah jadi eksportir, maka bisa berimbas pada biaya yang dikeluarkan oleh petani. Karena harga di petani sudah lebih baik, sebab sudah hilang rantai distribusi pembelian produk agro," pungkasnya.

Baca juga: Ekspor Perdana Kelapa di Pelabuhan Samudra Tertunda, Ini Kata Setda Tanjabtim

Baca juga: Ekspor di Pelabuhan Samudra Tanjab Timur Segera Dimulai, Ini Fasilitas yang Harus Dilengkapi

Baca juga: Pelabuhan Samudra di Tanjab Timur Siap Ekspor Kelapa Mulai Oktober

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved