Bedah Rumah di Batanghari

Rumah Kartini di Malapari Layak Dihuni Berkat Baznas Batanghari, Fadhil Arief Ajak Warga Berzakat

Berita Batanghari-Rumah Kartini (57) yang sebelumnya dari papan dan seng yang sudah rapuh kini sudah bagus dengan cat putih berbahan batu

Penulis: A Musawira | Editor: Nani Rachmaini
MUSAWIRA/TRIBUNJAMBI.COM
Rumah Kartini (57) di Desa Malapari, Muara Bulian diresmikan Bupati Batanghari Fadhil Arief melalui program Bedah Rumah Baznas Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Rumah Kartini (57) yang sebelumnya dari papan dan seng yang sudah rapuh kini sudah bagus dengan cat putih berbahan batu serta beratap seng yang baru.

Perubahan ini melalui program bedah rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Batanghari.

Kartini adalah warga Desa Malapari RT 02 Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari.

Tempat kediaman Kartini dengan luas 5 meter x 8.5 meter kini telah diresmikan oleh Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief ditandai dengan penandatangan prasasti sekaligus pemberian kunci rumah.

"Kita harapkan dengan kegiatan hari ini bertambah banyak orang-orang yang akan membayar zakat melalui Baznas Kabupaten Batanghari sehingga bisa dimanfaatkan untuk warga yang kebetulan belum mampu," kata Muhammad Fadhil Arief Bupati Batanghari, Senin (8/11/2021).

Mengenai zakat ini dirinya akan melanjutkannya kepada perangkat desa, kepala desa serta BPD bagaimana penghasilan mereka jika sudah cukup harus membayar zakat, ini terus disosialisasikan.

“Kepada tauke-tauke desa juga bisa menyalurkan zakatnya melalui Baznas, sehingga pelaksanannya betul-betul terprogram dengan baik dan direncanakan dengan baik, hal yang direncanakan dengan baik manfaatnya akan menjadi besar,” kata Fadhil.

Fadhil mengakui sudah membuat simpul-simpul disetiap desa, namanya Unit pengumpul zakat, mereka akan memberikan laporan, dan tahun depan mudah-mudah bisa jalan.

“Mudah-mudahan ke depan tidak ada lagi rumah tidak layak huni di Batanghari tapi dengan pola yang senang membantu yang susah melalui Baznas Batanghari,” ujarnya.

Ia mengatakan bagi pemilik rumah bagaimana bisa hidup layak dan bisa beraktivitas sebagaimana mestinya. Ke depan apa pun kegiatan dari pemilik rumah pihaknya akan membantu dan akan didukung oleh pemerintah daerah terutama melalui dinas terkait.

“Misalnya beliau menanam sayuran bagaimana sayuran ini bisa berpenghasilan besar dan menghidupkan anak-anaknya nanti,” ucap Bupati.

Anggota DPRD Batanghari asal Desa Malapari, Quzwaini Marzuki mengucapkan terimakasih kepada pihak Baznas Kabupaten Batanghari dan Pemerintah Daerah Batanghari berkenaan program yang dilaksanakan dalam bentuk bantuan bedah rumah Ibu Kartini.

“Kami ucapkan terima kasih, mudah-mudahan ini bermanfaat dan Ibu Kartini dapat menikmati hidupnya dengan layak,” katanya.

Ia mengatakan sebelumnya ia prihatin dengan kondisi yang dialami Ibu Kartini, dia ditinggal oleh suami yang sudah meninggal dunia terus menghidupi seorang anak. Memang layak mendapatkan bantuan bedah rumah ini.

“Tetap kita harapkan kepada pemerintah, sesuai yang disampaikan oleh Baznas Jambi bahwa ada program yang begitu efektif dan harapan kami itu nanti dilaksanakan di Batanghari,”

“Tinggal lagi kita mencari potensi-potensi penerima terhadap zakat, itu tugas kita untuk menyosialisasikannya kepada masyarakat dan bagi pelaku usaha di Batanghari ini untuk turut membantu serta berkontribusi terhadap pemerintah di Baznas ini,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Rumah Sayuti Dibedah, Fadhil Arief: Melalui Zakat Bedah Rumah Warga Lebih Menyentuh

Baca juga: Syarkoni: Bantuan Bedah Rumah Itu Sejak SZ Jabat Bupati Sangat Banyak Link di Pusat

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved