Breaking News:

Militer Indonesia

Kisah Mencekam 1958 Kopassus Tumpas Pemberontak Permesta yang Dipersenjatai AS

Berikut kisah RPKAD (Kopassus) berhadapan dengan pemberontak Permesta di tahun 1585

Editor: Heri Prihartono
Tangkapan Layar Chanel Matahatipemuda
Penumpasan Permesta 

TRIBUNJAMBI.COM - Sejarah Indonesia mencatat RPKAD (sekarang Kopassus) berapa kali harus menghadapi ujian melawan pemberontak yang melawan kedaulatan negara.

Kisah itu berawal saat  Letnan I Udara Penerbang Nurasid Wahyu, pilot Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia, diperbantukan dalam peperangan (satuan Wing Garuda) untuk mengangkut pasukan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD)  dari Jakarta menuju Ambon.

Pasukan RPKAD  didaratkan ke Sulawesi menggunakan kapal perang untuk menumpas Permesta (Perjuangan Rakyat Semesta).

Selain C-47 yang diterbangkan Letnan Nurasid, juga dikerahkan satu C-47  yang diterbangkan oleh Kapten Udara Penerbang Dick Suharsono yang juga Komandan Skuadron III.

Kedua C-47  terisi penuh pasukan RPKAD.

Jika dalam penerbangan ternyata menghadapi ancaman dari pesawat-pesawat tempur AUREV, kedua C-47 dIminta untuk menghindar karena sebagai pesawat transport kedua C-47 tidak bersenjata.

Sedangkan jika menghadapi cuaca buruk, para penerbang dipersilakan menilai keadaan dan dalam kondisi darurat untuk mendarat di pangkalan udara terdekat.

Demi menjaga kerahasiaan, kedua C- 47 AURI berangkat dari Pangkalan Udara Morotoi pada sore hari sehingga akan tiba di Lapangan Udara Pattimura pada malam hari.

 

Kedatangan pasukan RPKAD di Ambon pada malam hari itu dengan alasan  banyaknya  simpatisan Permesta juga berada di Ambon.

Pasukan RPKAD yang mendarat di Ambon, oleh pasukan lokal yang masih pro pemerintah RI, juga bisa jadi dianggap pasukan Permesta.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved