Breaking News:

Tangkapan Ganja di Bungo

Kelabui Petugas BNNP Jambi, Kurir Taburi Aroma Ikan Asin di Karung Berisi 45 Kg Ganja

Kurir ganja dari Aceh mengelabui petugas BNNP Jambi agar bisa lolos membawa ganja dari Aceh ke Pulau Jawa. Beruntung petugas berhasil menggagalkannya

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Rahimin
Istimewa
Puluhan kilogram ganja dari Aceh yang berhasil diamankan BNNP Jambi di Bungo. Kelabui Petugas BNNP Jambi, Kurir Taburi Aroma Ikan Asin di Karung Berisi 45 Kg Ganja 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - 45 kilogram ganja kering yang berasal dari Provinsi Aceh berhasil diamankan Tim Berantas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi, Senin (4/10/2021) pukul 10.15 WIB.

45 kilogram  ganja tersebut diamankan dari seorang kurir bernama Andika Noor Pratama, yang dibawa menggunakan sebuah bus antar kota antar provinsi.

Penangkapan kurir dan ganja tersebut dilakukan di terminal bus Muara Bungo, setelah satu bulan petugas memantau pergerakan pelaku.

Kabid Berantas BNNP Jambi, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo mengungkapkan, untuk mengelabui petugas, pelaku sengaja mengemas sabu di dalam sebuah kardus kemudian dimasukkan ke dalam dua karung.

Satu paket ganja ukuran 1 Kg, dililit rapi menggunakan lakban warna kuning. Kemudian, dua karung tersebut sengaja ditaburi aroma ikan asin.

"Memang kemasan barang bukti mengeluarkan aroma ikan asin, ya itu mereka pakai untuk mengelabui kita," Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Senin (4/10/2021) malam.

Jaringan ini, kata Kombes Pol Guntur Aryo Tejo  sudah lama diintai oleh timnya.

Tepat pada Sabtu 2 Oktober petugas mendapat informasi pergerakan pelaku.

Saat itu, petugas mencurigai satu unit mobil pribadi dan satu unit bus antar provinsi akan melintas dan membawa ganja tersebut.

Setelah melakukan pemetaan dan mencocokkan semua petunjuk, tepat pada Senin 4 Oktober 2021, tim yang dipimpin Katim 2 BNNP Jambi, Bripka Ari Amrizal memastikan 45 kilogram ganja tersebut berada di dalam bus.

"Sudah dapat dipastikan, kita stop bus dan kita langsung periksa bagasinya. Saat itu pelaku kooperatif dan mengakui BB adalah miliknya," kata Kombes Pol Guntur Aryo Tejo.

Dalam sekali pengiriman, Andika kurir ganja antar provinsi ini diupah sebesar Rp 10 juta.

Ini merupakan kali kedua dia melakukan pengiriman. Sebelumnya ia berhasil mengirim sekira 50 Kg ganja, yang dibawa melalui lintas barat, menuju Lampung dan ke Pulau Jawa.

Saat ini, pelaku dan barang bukti telah diamankan di Kantor BNNP Jambi guna pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: BREAKING NEWS Tim Berantas BNNP Jambi Amankan 45 Kg Ganja dari Aceh

Baca juga: Densus Temukan 35 Kg Bahan Peledak di Kaki Gunung Ciremai, Berawal dari Imam Mulyana

Baca juga: VIDEO Satresnarkoba Ungkap 3 Jaringan Narkoba di Kota Jambi Amankan 802 Gram Sabu dan 140 Gram Ganja

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved