Breaking News:

Berita Tanjabtim

Waspadai Curah Hujan Semakin Tinggi, BPBD Tanjabtim Siagakan Pasukan 24 Jam

Berita Tanjabtim-urat dari BMKG terkait cuaca beberapa hari ke depan di Provinsi Jambi, BPBD Tanjabtim waspadai potensi hujan sedang hingga lebat

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Nani Rachmaini
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi hujan 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Berdasarkan surat dari BMKG terkait cuaca beberapa hari ke depan di Provinsi Jambi, BPBD Tanjabtim waspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang berpeluang terjadi pada bulan September ini, Minggu (12/9/21).

Kepala BPBD Kabupaten Tanjabtim, M Jakfar melalui Kabid Penanggulangan dan Pencegahan, Rahmat Hidayat mengatakan, dengan kondisi tersebut, pihaknya tetap menyiagakan personil 24 jam.

"Jika ada terjadi banjir atau pun bencana lainnya pada musim penghujan ini, personil akan langsung turun," ujarnya.

"Untuk wilayah yang sering terjadi banjir luapan akibat hujan, yakni di wilayah Kecamatan Dendang, Berbak dan Rantau Rasau. Itu yang sangat rawan," tambahnya.

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi terjadinya banjir luapan akibat hujan, pihaknya akan menyurati pihak kecamatan terkait dengan informasi perkiraan cuaca sesuai dengan surat yang dikirim BMKG.

Dalam surat itu, pihaknya menginformasikan musim penghujan terjadi pada Minggu kedua bulan September.

"Untuk wilayah Jambi ini sendiri, masuknya awal musim tidak secara bersamaan, dikarenakan kondisi fotografi wilayah yang berbeda," jelasnya.

Menurutnya, untuk saat ini belum ada banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Tanjabtim yang disebabkan curah hujan.

Jika nanti pihak BWSS ada menginformasikan terkait ketinggian air mulai naik, maka pihaknya akan langsung memberikan imbauan kepada masyarakat.

"Setidaknya informasi dari BWSS, kita bisa mengantisipasi terlebih dahulu. Untuk siaga I ketinggian air dari 5 sampai dengan 6 meter," pungkasnya. (usn)

Baca juga: BKSDA Jambi Benarkan Adanya Laporan Harimau Masuk Kampung di Tanjabtim, Tapi Bukan di Berbak

Baca juga: Heboh Postingan Harimau Masuk Kampung di Kecamatan Berbak Tanjabtim, Ini Penjelasan Camat

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved