Breaking News:

Jonathan Peserta Program JKN-KIS Rasakan Manfaat Layanan Mata, Kacamata Ditanggung BPJS Kesehatan

KACAMATA merupakan salah satu alat bantu kesehatan yang dapat dijamin oleh Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)

Editor: Nani Rachmaini
istimewa
Jonathan Peserta Program JKN-KIS Rasakan Manfaat Layanan Mata, Kacamata Ditanggung BPJS 

KACAMATA merupakan salah satu alat bantu kesehatan yang dapat dijamin oleh Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk peserta yang membutuhkan. Pelayanan tersebut dapat diakses peserta apabila sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

Jonathan (61) salah satu dari banyaknya peserta Program JKN-KIS menceritakan pengalamannya yang telah merasakan manfaat layanan mata dan mendapatkan alat bantu kacamata dengan ditanggung oleh JKN-KIS.

“Sebelum menjadi peserta Program JKN-KIS, saya merasa sangat terbebani dengan semua biaya perawatan dan pengobatan untuk mata saya. Oleh karena itu saya segera mendaftarkan diri saya menjadi peserta Program JKN-KIS sebagai Peserta Mandiri dan memilih Dokter Praktek Perorangan (DPP) dr. Kuswaya sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) saya. Sejak menjadi peserta, semuanya jadi lebih mudah, kalau berobat langsung ke fasilitas kesehatan tempat saya terdaftar dan langsung mendapatkan pelayanan,” Tutur Jonathan pada Jumat, (20/08).

Melanjutkan perbincangan Jonathan menuturkan saat ini dirinya merasakan ketenangan hati dan pikiran, khususnya dari sisi finansial karena tidak ada lagi rasa khawatir memikirkan bagaimana kalau sewaktu-waktu dirinya sakit dan harus menjalani pengobatan yang biayanya besar.

"Sejak terdaftar menjadi peserta, saya merasa tenang tidak lagi memikirkan biaya pengobatan, asalkan semuanya sesuai aturan dan mengikuti alur pelayanan yang telah ada semua pengobatan dan perawatan mata saya langsung ditanggung JKN-KIS. Bukan hanya itu, bahkan saya juga dapat mengganti kacamata sebagai alat bantu kesehatan menggunakan kartu ini," kata pria yang akrab disapa Jo sambil menunjukkan kartu JKN-KIS miliknya.
Jo mengaku beruntung kacamata yang Ia dapatkan termasuk salah satu yang dijamin oleh BPJS kesehatan. Hingga akhirnya secara perlahan kesehatannya matanya berangsur pulih. Kini ia memakai kacamatanya disaat-saat tertentu saja.

"Saya juga mengajak kepada tetangga dan sahabat untuk menjadi peserta Program JKN-KIS karena banyak sekali manfaatnya. Saya juga mengucapkan terima kasih terhadap pemerintah yang telah menghadirkan Program JKN-KIS bagi masyarakat juga tentunya kepada BPJS Kesehatan," tutup Jo. (*)

Baca juga: BPJS Kesehatan Sangat Memudahkan Peserta Program JKN-KIS

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved