Breaking News:

Beda Gejala Demam Karena DBD dan Covid-19, Jangan Sampai Salah Diagnosa!

Covid-19 dan demam berdarah memiliki gejala yang hampir sama, seperti demam tinggi, sakit kepala, dan nyeri pada tubuh. Meski demikian, patut diingat

Editor: Suci Rahayu PK
wiseGEEK
Ilustrasi demam 

TRIBUNJAMBI.COM - Covid-19 dan demam berdarah memiliki gejala yang hampir sama, seperti demam tinggi, sakit kepala, dan nyeri pada tubuh.

Meski demikian, patut diingat jika demam berdarah dan Covid-19 sulit dibedakan karena memiliki fitur klinis dan laboratorium yang sama.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa DBD dan Covid-19 memiliki gejala yang tumpang tindih.

Demam karena DBD
Demam karena DBD (ist)

Beberapa penulis bahkan menggambarkan kasus yang salah didiagnosis sebagai demam berdarah, di mana kemudian dikonfirmasi sebagai Covid-19

Perlu diketahui, baik Covid-19 maupun demam berdarah memiliki gejala, seperti demam tinggi, sakit kepala, dan nyeri pada tubuh.

Namun, musim demam berdarah mungkin dapat memperburuk situasi Covid-19 karena kedua virus akan saling melengkapi.

Untuk itu,  demam berdarah dan Covid-19 membutuhkan pengobatan simtomatik di mana dalam beberapa aspek pengobatannya agak kontradiktif dan rumit.

"Pada Covid-19, biasanya dokter akan menyuntikkan obat heparin secara subkutan yang pada akhirnya mencapai aliran darah," terang dr. Pitoyo Marbun, Medical Marketing Good Doctor, dilansir dari laman Good Doctor pada Sabtu (21/8).

Baca juga: Cara Membuat Teh Bawang Putih untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Baca juga: Tips agar Tidak Mendengkur saat Tidur - Tidur Miring, Bersihkan Hidung Sebelum Tidur

Suntikan ini dilakukan untuk mencegah emboli pada pasien yang dapat berakibat fatal.

"Emboli sendiri merupakan penyumbatan arteri secara tiba-tiba yang dapat menghalangi aliran oksigen di mana menjadi penyebab beberapa pasien mengalami komplikasi bahkan setelah operasi," ujar dr. Pitoyo Marbun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved