Breaking News:

Hadapi PPKM Level 4, Kadiskes Batanghari Sebut akan Bekerja Lebih Keras

Pemerintah Kabupaten Batanghari ditargetkan testing 4.074 warga selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Penulis: A Musawira | Editor: Teguh Suprayitno
(Tribunjambi/A Musawira)
dr Elfi Yennie Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari ditargetkan testing 4.074 warga selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Target testing dibagi setiap kecamatan hingga menyasar sampai ke desa dan kelurahan. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Batanghari, dr Elfi Yennie mengatakan pengambilan sampel Swab-PCR menggunakan alat Virus Transport Media (VTM).

“Alat VTM ini sudah kita miliki cukup banyak ada sekira 4.000 lebih, berikutnya kita masih terus memproses lagi untuk penyediaanya,” kata dr Elfi Yennie selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Rabu (18/8/2021).

dr Elfi mengatakan penyediaanya ada yang dari anggaran Pemerintah Kabupaten Batanghari dan ada bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

“Semua gratis seperti halnya vaksinasi jadi kita tidak pungut biaya sedikit pun,” ujarnya.

Target dalam pelaksanaan testing ini menggunakan PCR namun pihaknya masih tetap memakai tes Swab Antigen pada kondisi tertentu.

Misalnya kata dia disaat ada yang Suspek Covid-19 maka dilakukan swab antigen namun hasil swab antigen tetap ditindak lanjutin PCR. Karena standar penentuan suatu kasus itu adalah tes Swab-PCR.

Baca juga: Waktu Penyekatan PPKM Level 4 Belum Ditentukan, Wali Kota Jambi Tunggu Pembangian Sembako

Baca juga: DPD PDIP Jambi Berencana Lakukan Vaksinasi Masal Setiap Minggu

Baca juga: Masuk PPKM Level 4, Dua Kabupaten di Jambi Ini Belum Ajukan Bantuan Sembako

“Kita jangan takut dan khawatir soal peningkatan kasus karena peningkatan kasus itu tidak selalu jelek artinya kita harus bekerja lebih keras lagi untuk menemukan kasus,” katanya.

Semakin banyak melakukan testing maka angka positivty rate bisa menurun, positivty rate ini adalah indikator untuk menentukan PPKM level 4 ini.

“Kita imbau masyarakat untuk bersama-sama agar mereka kooperatif dan mau untuk melakukan PCR. Ini sangat penting dalam hal menemukan kasus dan mengendalikannya,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved