Breaking News:

Berita Internasional

CHINA Lagi-lagi Bikin Rivalnya Melongo, Pamer Senjata Artileri Terbaru dengan Sasis Lapis Baja

Bahkan baru ini, ada dua dari senjata artileri China terbaru yang melakukan debut latihan mereka di daerah dataran tinggi.

Editor: Andreas Eko Prasetyo
Foto: Militer China
Sistem roket peluncuran ganda jarak jauh (LRMLRS) yang dipasang pada detasemen artileri dengan resimen di bawah roket api Angkatan Darat PLA selama latihan tembakan langsung pada awal Juli 2021. 

TRIBUNJAMBI.COM - China seakan tak pernah berhenti memproduksi senjata baru bagi militernya.

Bahkan baru ini, ada dua dari senjata artileri China terbaru yang melakukan debut latihan mereka di daerah dataran tinggi.

Bahkan dalam debutnya kali ini yang diselenggarakan oleh Komando Militer Xinjiang Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan Komando Militer Tibet, dengan analis mengatakan pada hari Rabu (27/7/2021) bahwa senjata ini sangat efektif di dataran tinggi.

Seperti dikutip dari Global Times, Jumat (30/7/2021), sebuah unit artileri di bawah resimen yang berafiliasi pula dengan Komando Militer PLA Xinjiang menyelenggarakan latihan tembak-menembak.

Foto Pasukan Militer China.
Foto Pasukan Militer China. (China Daily)

Bahkan menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh komando pada Selasa, latihan itu juga dilakukan menggunakan peralatan yang baru ditugaskan untuk pertama kalinya di wilayah dataran tinggi bersalju pada ketinggian lebih dari 5.000 meter.

Foto-foto yang juga dilampirkan pada pernyataan ini menunjukkan bahwa peralatan baru itu kemungkinan adalah howitzer self-propelled kaliber PLZ-07 kaliber 122 milimeter, kata situs berita yang berbasis di Shanghai, eastday.com, dalam sebuah analisis.

eastday.com turut melaporkan, dengan sasis lapis baja yang juga dilacak ulat, PLZ-07 juga memiliki kemampuan bertahan dan mobilitas yang jauh lebih tinggi saat beroperasi di medan khusus, menjadikannya howitzer paling kuat di China dalam kategori kalibernya.

Artileri baru lainnya, seperti sistem peluncur roket ganda, memulai debutnya dalam latihan baru-baru ini dengan Komando Militer PLA Tibet, menurut sebuah laporan oleh China Central Television (CCTV) pada Sabtu (24/7) lalu.

Baca juga: PENTAGON Dibuat Cemas Atas Aksi China yang Disebut Bangun 110 Silo Rudal, AS Ajak Lakukan Ini

Baca juga: 10.000 Tentara Rusia dan China Akan Bergabung Dalam Latihan Militer Besar-besaran

Baca juga: BAK Siap Perang! China Gelar Latihan Militer di Laut Sengketa Saat Kapal Induk Inggris Akan Datang

Artileri roket baru ini terlihat mirip pula dengan sistem peluncur roket multipel self-propelled PHL-11, karena keduanya yang menggunakan sasis beroda dan menembakkan roket kaliber 122 milimeter.

Namun, artileri roket baru hanya pula berjalan dengan empat roda dan memiliki 20 tabung peluncuran roket, sedangkan PHL-11 berjalan dengan enam roda dan memiliki 40 tabung peluncuran, kata eastday.com.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved