Breaking News:

Penanganan Covid 19

INI Dia Aturan Baru Untuk Perjalanan Transportasi Darat, Laut dan Udara di Wilayah PPKM Level 1-4

Pemerintah kembali menetapkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Istimewa
Ilustrasi aturan baru untuk pelaku perjalanan di wilayah PPKM 

TRIBUNJAMBI.COM - Pemerintah kembali menetapkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Bahkan berhubungan dengan hal itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 turut menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

SE itu telah disusuaikan dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1-4.

Edaran yang sudah ditandatangani Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito ini akan berlaku efektif mulai tanggal 26 Juli 2021.

“Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 26 Juli 2021 sampai waktu yang ditentukan kemudian dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan perkembangan terakhir di lapangan ataupun hasil evaluasi dan kementerian/lembaga,” disebutkannya dalam SE.

Suasana di pintu keberangkatan Bandara Sultan Thaha Jambi terlihat Lengang di saat PPKM dan Bi berlakukanya SE No 15 Tahun 2021. 
Suasana di pintu keberangkatan Bandara Sultan Thaha Jambi terlihat Lengang di saat PPKM dan Bi berlakukanya SE No 15 Tahun 2021.  (tribunjambi/yon rinaldi)

Ditegaskan kembali oleh Ganip dalam edaran itu, SE ini merupakan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat terhadap pelaku perjalanan dalam negeri.

Sedangkan tujuannya ialah untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19.

“Ruang lingkup Surat Edaran ini adalah protokol kesehatan terhadap Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang menggunakan seluruh moda transportasi untuk seluruh wilayah Indonesia,” ungkap Ganip.

Dalam SE dijelaskan, untuk wilayah Jawa dan Bali akan diberlakukan aturan untuk Pelaku Perjalanan Domestik, baik yang gunakan moda transportasi pribadi (mobil atau motor), juga yang transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut dan kereta api).

Pelaku perjalanan akan wajib menunjukkan kartu vaksinasi (minimal vaksinasi dosis pertama), namun ini dikecualikan untuk para sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved