Breaking News:

Geram Pemda Lamban Bayar Insentif Nakes, Cak Imin: Mereka Telah Mempertaruhkan Nyawa

Banyak pemerintah daerah (pemda) baik provinsi maupun kabupaten/kota yang belum melunasi pembayaran insentif untuk para tenaga kesehatan (Nakes).

Editor: Teguh Suprayitno
Tribunnews/Jeprima
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar geram karena masih banyak pemda yang belum lunasi insentif nakes di masa pandemi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Banyak pemerintah daerah (pemda) baik provinsi maupun kabupaten/kota yang belum melunasi pembayaran insentif untuk para tenaga kesehatan (Nakes).

Hal ini membuat Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin geram.

Padahal, para nakes menjadi garda terdepan yang kini tengah berjuang menangani pandemi Covid-19.

"Segera cairkan insentif untuk para nakes. Mereka telah berjuang dengan mempertaruhkan nyawa untuk keselamatan kita semua. Kita tahu sudah lebih dari seribu nakes yang gugur. Jangan sampai pencairan insentif buat mereka dihambat," kata Cak Imin itu di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta Pemda yang belum menganggarkan insentif untuk nakes agar secara cermat merumuskan kebutuhan penganggaran insentif nakes.

Hal ini mengingat proses penyesuaian anggaran masih terus dilakukan karena kebutuhan saat pandemi sangat tinggi.

Selain itu, ia mendesak pemerintah pusat segera membantu daerah dengan cara memberikan solusi bagi daerah yang kesulitan melakukan realisasi anggaran insentif nakes.

"Pemerintah Pusat dan Pemda harus meningkatkan koordinasi sehingga alokasi kebutuhan untuk insentif nakes di setiap daerah valid dan sesuai dengan kebutuhan," kata Cak Imin.

Baca juga: Demi Hindari PHK, Pemerintah Siap Gelontorkan Bantuan Rp 8 Triliun untuk Pekerja

Baca juga: Subsidi Gaji Segara Cair, Ini Syarat Pekerja Penerima BSU Rp 1 Juta

Sebelumnya dilansir dari Kompas.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta Pemda segera membayar insentif kepada nakes.

Nakes di daerah masuk dalam administrasi daerah yang sumber pembayaran insentif nakesnya adalah dalam biaya operasi kesehatan (BOK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Bagi Hasil (DBH).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved