Breaking News:

Cara Memberikan Pertolongan Pertama Bagi Penderita Sesak Napas

Artikel kali ini akan membahas bagaimana agar bisa memberikan pertolongan pertama bagi penderita Sesak nafas agar tak berujung fatal dilansir dalam ac

Editor: Muuhammad Ferry Fadly
sesak napas 

TRIBUNJAMBI.COM - Sesak napas dapat terjadi karena sistem pernapasan dan sirkulasi darah tidak mampu mengedarkan cukup oksigen untuk tubuh.

Sesak napas juga bisa menjadi gejala dari gangguan psikis seseorang.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana agar bisa memberikan pertolongan pertama bagi penderita Sesak nafas agar tak berujung fatal dilansir dalam acara Hidup Sehat di TV One.

Baca juga: Bagaimana Cara Menerapkan Hidup Rukun di Lingkungan Keluarga hingga Sekolah

Baca juga: Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Kesemutan di Tangan dan Kaki

Baca juga: Cara Lengkap Perpanjang Sim Online di Aplikasi Digital Korlantas Polri

1. Pindahkan penderita sesak nafas ketempat yang aman dan nyaman.

Nyaman yang maksudnya agar terhidar dari kerumunan, dan memiliki ventilasi udara yang cukup dan tidak panas.

2. Pastikan tidak ada sumbatan yang menghalangi gejala penderita, caranya minta penderita membuka mulut dan pastikan apakah ada benda yang terdapat di dalam mulut atau pun tengorokan penderita.

3. Untuk penderita yang sebelumnya mengalami cedera pada leher atau dada maka jangan lakukan gerakan berlebihan untuk mencegah komplikai lebih lanjut.

4. Baringkan penderita ke atas tempat tidur, letakan bantal diatas kepala dan pastikan posisi kepala lebih tinggi dibandingkan dada, kemudial letakan bantal guling di atas kaki serta luruskan kedua tangan dan minta penderita untuk menarik napas dari mulut dan hebuskan perlahan-lahan.

5. Kemudian langkah selanjutnya anda minta penderita untuk duduk di bangku, kemudian ketika penderita mantab menginjakan kakinya ke lantai maka condongkan badan kedepan dan letakan kedua siku di atas lutut dan telapak tangan di atas dagu. kemudian tarik napas dari mulut dan hebuskan perlahan-lahan.

6. Atau jika dihadapan penderita ada meja, minta penderita melipat kedua tangannya di atas meja, kemudian minta penderita rebahkan kepalanya di atas tangan tadi, dan minta penderita untuk menarik napas dari mulut dan hebuskan perlahan-lahan.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved