Breaking News:

Dalam Tiga Hari 17 Ribu Warga Batanghari Divaksin Massal, Kejar Herd Immunity 70 Persen

Selama tiga hari berturut-turut Pemkab Batanghari menggelar vaksinasi massal serentak.

Penulis: A Musawira | Editor: Teguh Suprayitno
tribunjambi/musawira
Vaksniansi massal dikomandoi Bupati Batanghari Fadhil Arief, selama tiga hari 17 Ribu masyarakat divaksin. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Selama tiga hari berturut-turut Pemkab Batanghari menggelar vaksinasi massal serentak.

Vaksinasi masal ini digelar sejak 1-3 Juli 2021 di 19 titik lokasi.

Langkah ini dilakukan untuk mempercepat pencapaian terget vaksinasi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Batanghari.

Kegiatan vaksin massal ini juga melibatkan TNI dan Polri yang juga mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Batanghari dr Elfi Yennie mengatakan, kegiatan vaksin massal ini dikomandoi langsung oleh Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief.

“Kita terus melakukan upaya untuk mempercepat vaksinasi ini secara konsisten. Kita melaksanakannya secara berkesinambungan dengan tujuan akhir mencipatakan Herd Immunity bagi 70 persen masyarakat Batanghari dan itu kita targetkan harus selesai menjelang akhir tahun ini,” ujarnya, Minggu (4/7/2021).

Baca juga: LaporCovid-19 Sebut Fasilitas Kesehatan Klaps, Kemenkes Ungkap Penyebab 269 Pasien Isoman Meninggal

Berdasarkan data rilis Dinas Kesehatan Batanghari dalam kegiatan vaksinasi massal ini, pada hari pertama berhasil memberikan vaksin kepada 5.046 orang, hari kedua 9.035 orang dan hari ketiga 2.665 orang, total 17.016 masyarakat yang tersuntik vaksin.

“Target vaksinasi massal ini sifatnya tentativ, untuk tahap awal ini kita targetkan 20 ribu masyarakat, kemudian akan terus kita tambah,” kata dr Elfi.

Dia bilang, saat ini target vaksinasi sudah lebih luas bukan hanya kelompok sasaran sebagaimana yang sudah dilaksanakan, tetapi juga sudah dibuka untuk masyarakat diusia di atas 18 tahun.

“Sekiranya ada 30 ribu stok dosis vaksin yang disiapkan. Belakangan ini kita juga melayangkan permintaan untuk keperluan berikutnya,” ungkapnya.

Kegiatan vaksinasi ini dilakukan secara serentak diseluruh wilayah di dalam Batanghari dengan meilibatkan faskes-faskes yang sudah dilatih.

Baca juga: Ingat! Kepala Daerah yang Tak Dukung PPKM Bisa Dipenjara

"Kabupaten Batanghari memiliki 23 faskes yang mampu melaksanakan vaksinasi massal dan untuk kegiatan vaksinasi ini masing-masing juga menerjunkan tim disatu lokasi sesuai sasaran yang ada di sana,”  ujarnya.

“Karena sifatnya umum dan terbuka jadi kita mengantisipasi lonjakan masyarakat yang akan datang, karena kita lihat antusias masyarakat pada hari pertama cukup tinggi sehingga dari petugas telah melaksanakan antisipasi-antisipasi,” pungkasnya.(tribun jambi/musawira)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved