Breaking News:

Kesehatan Mental

Cara Mengatasi Kesehatan Mental yang Bermasalah, Psikolog Uraikan Tips Pertolongan Pertama

Kesehatan mental merupakan isu yang sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat, baik dari kalangan remaja maupun orang dewasa.

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/ADE SETYAWATI
Elvin Rosalina, S.spi. M.Spi. Psikolog 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kesehatan mental merupakan isu yang sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat, baik dari kalangan remaja maupun orang dewasa.

Dahulu membicarakan kesehatan mental merupakan hal yang tabu, dan sekarang orang-orang sudah mulai peduli dan terbuka dengan kesehatan mental.

Menurut Elvin Rosalina, S.spi. M.Spi. Psikolog menjelaskan kenapa orang mulai gampang stress ? Dibuktikan dengan meningkatnya kasus kesehatan mental, bagaimana secara umum tau bahwa kita sedang tidak baik-baik saja ?, Tips singkat pertolongan pertama saat mental sedang tidak baik-baik saja ?.

• Kenapa orang-orang mulai gampang stress ?

Permasalahan mental timbul ketika seseorang sulit mengatasi permasalahan dan itu yang membuat strees.

Peningkatan kasus kesehatan mental cukup signifikan, banyak orang-orang yang mulai stress, mulai bingung memecahkan masalah, terutama dimasa pandemi seperti sekarang, ada yang kehilangan pekerjaan, sulit mendapat pekerjaan dan permasalahan lainnya.

"Sebenarnya permasalahan kesehatan mental sudah dari dulu, tapi dulu masih tabu, namun sekarang orang-orang sudah mulai perduli," jelasnya.

"Untuk masa pandemi, terutama dalam dua tahun terkahir 2020/2021, kasus yang masuk mengalami kenaikan sekitar 70 persen yang terkait konser individual sedangkan sebelumnya lebih banyak kasus dari industri dan organisasi," ucapnya.

Melihat kondisi tersebut, membuktikan bahwa secara pribadi orang-orang sudah mulai perduli dengan kesehatan mental dan menyadari membutuhkan bantuan.

• bagaimana secara umum tau bahwa kita sedang tidak baik-baik saja ?

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved