Breaking News:

Pemusnahan Senjata Api

197 Pucuk Senjata Api Rakitan Dimusnahkan, 1 Senpi Diserahkan Masyakarat Diakui Milik Pahlawan Jambi

Berita Kota Jambi - Sebanyak 197 pucuk senjata api (Senpi) rakitan dari berbagai jenis kaliber dimusnahkan Polda Jambi, Rabu (30/6/2021) pagi.

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Rahimin
tribunjambi/aryo tondang
Pj Gubernur Jambi dan Kapolda Jambi menyaksikan pemusnahan 197 pucuk senjata api (Senpi) rakitan. 

197 Pucuk Senjata Api Rakitan Dimusnahkan, 1 Senpi Diserahkan Masyakarat Diakui Milik Pahlawan Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sebanyak 197 pucuk senjata api (Senpi) rakitan dari berbagai jenis kaliber dimusnahkan Polda Jambi, Rabu (30/6/2021) pagi.

Selain itu, ada sepucuk senpi yang diserahkan masyarakat yang diakui milik pahlawan Jambi.

Ratusan pucuk Senpi tersebut didapat dari sejumlah masyarakat di Provinsi Jambi, yang secara sukarela menyerahkan ke pihak kepolisian, melalui Polres jajaran.

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengungkapkan, secara persuasif anggotanya di polres jajaran mengimbau dan meminta masyarakat untuk menyerahkan Senpi tanpa adanya paksaan.

Irjen Pol A Rachmad Wibowo menyampaikan, penyitaan senpi dari masyarakat tersebut menjadi atensinya kepada jajaran, menyusul adanya tiga kasus kejahatan menggunakan senpi.

Satu diantaranya yakni, kasus penembakan warga Cek Wan, di sebuah rumah makan di kawasan Rengkiling, Sarolangun, pada 2 Juni 2021 lalu.

Anggota Gegana Brimob Polda Jambi dipercaya memusnahkan ratusan senpi tersebut.
Anggota Gegana Brimob Polda Jambi dipercaya memusnahkan ratusan senpi tersebut. (tribunjambi/aryo tondang)

"Ini memang menjadi perhatian saya, sehingga meminta anggota secara persuasif meminta masyarakat untuk menyerahkan senjata api miliknya," kata Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Rabu (30/6/2021) pagi.

"Ada 197 pucuk senpi yang diserahkan masyarakat, 193 diantaranya senpi jenis kecepek," sambungnya.

Selain itu, kata Irjen Pol A Rachmad Wibowo, ada sepucuk senpi yang diserahkan masyarakat yang diakui milik pahlawan Jambi.

"Senpi ini berasal dari warga Jaluko, Kabupaten Muarojambi, Jambi. Kita akan cek kebenarannya, bila terbukti benar akan kita serahkan ke museum," ujarnya. 

Pj Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni yang ikut memusnahkan mengapresiasi apa yang dilakukan petugas.

"Kami sangat mendukung dan support Pak Kapolda dan jajaran dalam melakukan upaya menjaga masyarakat dari tindakan kriminal."

"Semoga masyarakat di Provinsi Jambi lebih aman lagi. Apa yang dilakukan secara persuasif oleh Kapolda dan jajaran membuat masyarakat dengan rela menyerahkan apa yang mereka miliki karena cukup membahayakan bagi keamanan masyarakat," katanya.

Ingat Penemuan Tengkorak di Kanal PT WKS Tanjabtim?Ternyata Warga Sumsel, Korban Pembunuhan?

Sukses Ungkap Kasus Besar Ber-senpi hingga Perampokan, Tim Ditreskrimum Diapresiasi Kapolda Jambi

Mohon Maaf, Terjadi Pemadaman Listrik Sebagian di Wilayah Kabupaten Batanghari

Dalam kegiatan tersebut, petugas dari Gegana Brimob Polda Jambi dipercaya memusnahkan ratusan senpi tersebut. Satu persatu senpi laras panjang dimusnahkan petugas dengan cara di gerinda hingga terpotong 4 bagian.(tribun jambi/aryo tondang)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved